Pariaman juara III MTQ Nasional tingkat Sumbar

id mtq sumbar,pariaman,genius umar

Pariaman juara III MTQ Nasional tingkat Sumbar

Kafilah Kota Pariaman, Sumbar berfoto bersama usai penutupan MTQ Nasional tingkat Sumbar di Kota Padang Panjang. (ANTARA/HO-Diskominfo Pariaman)

Pariaman (ANTARA) - Kafilah Kota Pariaman mendapatkan juara III MTQ Nasional ke 39 tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) yang dilaksanakan di Kota Padang Panjang pada 12 sampai 19 November 2021.

"Alhamdulillah, Kota Pariaman dapat mempertahankan posisi juara umum III pada MTQ ke 39 ini, untuk itu saya memberikan apresiasi kepada seluruh kafilah dan jajaran kontingen Kota Pariaman," kata Wali Kota Pariaman Genius Umar di Pariaman, Jumat malam.

Ia mengatakan kafilah Kota Pariaman sudah memberikan yang terbaik untuk daerah itu sehingga dapat mempertahankan juara III.

Ia menyampaikan prestasi tersebut tidak terlepas dari pembinaan untuk MTQ Nasional tingkat Sumbar yang dilakukan semenjak Mei 2021 hingga dilaksanakan karantina.

Ia meminta kepada kafilah yang meraih juara I agar terus berlatih karena berpeluang menjadi utusan Sumbar pada ajang MTQ tingkat Nasional.

"Terus berlatih, jangan cepat berpuas diri, karena nantinya akan mendapat kesempatan untuk berlaga di ajang bergengsi MTQ Nasional," katanya.

Juara umum pertama diraih oleh Kota Padang dengan point 103, juara dua Kabupaten Tanah Datar dengan point 62, selanjutnya Kota Pariaman juara tiga dengan point 59.

Wagub Sumbar Audy Joinaldi saat menutup MTQ tersebut pada Jumat (19/11) mengatakan bahwa MTQ merupakan ajang untuk mensyiarkan ajaran Islam dan menggaungkan Al-Qur'an dalam sebuah perlombaan.

"Kegiatan MTQ ini juga untuk mengasah para kafilah kita yang ada di kabupaten/kota se-Sumbar," ujar dia.

Ia menambahkan untuk MTQ Nasional selanjutnya yaitu pada 2023 akan dilaksanakan di Kabupaten Solok Selatan.