Legislator minta pemprov fokus pulihkan ekonomi saat pandemi melandai

id DPRD Sumbar,Padang,Sumbar

Legislator minta pemprov fokus pulihkan ekonomi saat pandemi melandai

Anggota DPRD Sumbar Mario Syahjohan menggelar kegiatan reses di Solok Selatan (ANTARA/HO DPRD Sumbar)

Padang, (ANTARA) - Anggota DPRD Sumatera Barat daerah pemilihan Kota Solok, Kabupaten Solok dan Solok Selatan Mario Syahjohan meminta pemerintah daerah fokus memulihkan perekonomian masyarakat saat pandemi COVID -19 mulai melandai.

"Untuk saat ini, kita fokus dalam upaya pemulihan ekonomi yang tergerus saat pandemi COVID-19 melanda yang membawa dampak pada seluruh sektor mempengaruhi kesejahteraan masyarakat hampir di seluruh kabupaten/kota," katanya dia saat reses di Solok Selatan, Selasa

Dirinya telah mengadakan pelatihan peningkatan kapasitas sumber daya manusia dalam mengelola produk UMKM agar bernilai ekonomis dan berdaya saing.

Pelatihan tersebut, dapat diadakan melalui anggaran pokok pikirannya pada APBD Sumbar tahun 2021.

Menurut dia agar produk bisa dipasarkan lebih luas pengelola UMKM diberikan ilmu bagaimana cara mengemas produk dari hasil panen pertanian. Untuk Solok Selatan, pengemasan beras menjadi salah satu fokus agar bisa didistribusikan lebih luas, minimal di ibukota provinsi.

"Kita minta gubernur sejalan dengan pemerintah pusat agar fokus terhadap pemulihan ekonomi, bantuan untuk kelompok tani hingga peternakan unggas lebih penting dari pembangunan fisik. Untuk pengendalian Covid-19 di Sumbar telah bagus dan melandai, maka fokuslah untuk pemulihan ekonomi," kata dia.

Dia mengatakan dalam instruksi kementerian dalam negeri, selain fokus terhadap penanganan Covid-19, pemerintah daerah juga harus fokus dalam pemulihan ekonomi. Pada reses tersebut, pihak nya mendatangi beberapa kecamatan, diantaranya Sungai Pagu dan Sangir Di Kabupaten Solok Selatan.

Sebelumnya Ketua DPRD Sumbar Supardi berharap, anggota dapat menjaring aspirasi yang benar-benar urgen bagi kepentingan masyarakat luas.

Sebagai perwakilan masyarakat di pemerintahan, anggota DPRD harus memiliki keberpihakan terhadap masyarakat dalam perencanaan pembangunan daerah.

"Jadi kami sangat berharap, anggota DPRD benar-benar memanfaatkan kesempatan ini untuk menampung aspirasi dari konstituennya. Menjaring aspirasi sekaligus berkomunikasi dengan masyarakat sehingga terjalin hubungan kerjasama yang lebih baik lagi," kata dia.