Hujan sedang hingga lebat dominasi wilayah Sumatera, Kalimantan dan Jawa

id Prakiraan Cuaca, BMKG, hujan

Hujan sedang hingga lebat dominasi wilayah Sumatera, Kalimantan dan Jawa

Prakiraan cuaca Indonesia yang dilaporkan oleh BMKG per Jumat (12/11/2021). (ANTARA/HO-BMKG).

Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan situasi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat masih mendominasi di wilayah Sumatera, Kalimantan dan pulau Jawa pada Jumat (12/11).

Dilansir dari laman www.bmkg.go.id, daerah pertemuan angin atau konvergensi yang mendukung peningkatan aktivitas pertumbuhan hujan diperkirakan terdapat di pesisir Timur Sumatera Utara, pesisir Barat Lampung, pesisir Utara Kalimantan Barat dan Selat Malaka yang memanjang hingga Sulawesi Tengah dan Tenggara di sepanjang Pulau Timur Papua Barat, dan Papua.

BMKG mengimbau masyarakat untuk waspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang diperkirakan terjadi di Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Lampung.

Kondisi serupa diprakirakan juga melanda daerah di Pulau Jawa seperti Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur.

Potensi hujan lebat juga diprakirakan melanda sebagian besar Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua.

Wilayah yang berpotensi terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang yang disertai kilat atau petir dan angin kencang diperkirakan terdapat di wilayah Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Selatan, DKI Jakarta, dan Bali.

Sejumlah wilayah ibu kota provinsi yang diprakirakan berawan hingga cerah, di antaranya Bengkulu, Pangkal Pinang, Jayapura, Pekan Baru, Padang, dan Palembang.

Sementara situasi suhu di kota besar rata-rata berkisar antara 22 hingga 35 derajat celsius dengan tingkat kelembapan antara 55 hingga 100 persen.