Wako Fadly Amran ajak ASN maksimalkan pelayanan

id Wako Fadli, Pelayanan ASN, Pelayanan prima

Wako Fadly Amran ajak ASN maksimalkan pelayanan

Wako Padang Panjang Fadly Amran sedang memberi arahan kepada ASN maksimalkan pelayanan. (ANTARA/Fira)

Padang Panjang (ANTARA) - Wali kota, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano mengajak seluruh jajaran Aparatur Sipik Negara (ASN) di lingkungan Pemkot Padang Panjang untuk memberikan kinerja terbaik dan profesionalitas dalam melayani masyarakat.

Hal tersebut disampaikannya dalam kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Inovasi Pelayanan Publik yang diikuti perwakilan seluruh OPD, Rabu (10/11) di Aula Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Kota Padang Panjang.

"Mari kita tingkatkan profesionalitas dalam bekerja, agar pekerjaan kita bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, dan outcomenya terasa langsung oleh masyarakat," ajak Wako Fadly.

Untuk dapat melakukan inovasi-inovasi yang bermanfaat bagi kota dan masyarakat, katanya lagi, hendaknya seluruh ASN dapat mengedepankan sifat-sifat melayani. Dari sikap ini nantinya inovasi bisa dihasilkan dan diaplikasikan dengan baik.

Fadly juga menambahkan, untuk dapat tercapai iklim yang baik dalam berinovasi, setiap OPD hendaknya sudah memperbaiki masalah tata kelola organisasi dalam OPD, komunikasi antarunsur dan proses pendelegasian dengan baik.

"Permasalahan yang muncul cenderung lebih sering dari diri kita sendiri. Kurang komitmen dan kedisiplinan menjadi awal munculnya permasalahan dalam pelaksanaan kerja-kerja OPD," sebutnya.

Dengan penerapan strategi yang baik didukung kerja keras, dapat meningkatkan kedisiplinan sebagai dasar untuk merangsang munculnya inovasi.

"Hal-hal mendasar dalam tata kelola organisasi harus bisa diperkuat, agar proses delegasi dan komunikasi bisa berjalan baik dan permasalahan manajerial dan kepemimpinan bisa diperbaiki," ingatnya.

Anggaran negara yang tidak banyak, sebut wali kota muda ini, harus bisa dimaksimalkan secara baik dengan inovasi. Agar lebih efektif pemanfaatannya dan maksimal berkualitas dalam pelayanan publik.

Fadly juga menambahkan agar OPD dapat melakukan brainstorming, briefing, dan penyediaan data-data statistik untuk bisa menghasilkan inovasi-inovasi yang berkualitas dan menyentuh langsung bagi pelayanan publik.

Sementara itu, Plt. Kabag Organisasi, Rika Fitria Hasti, SH menambahkan, melalui bimtek ini diharapkan OPD dapat menghasilkan inovasi yang mampu berkompetisi di tingkat nasional melalui aplikasi Sinovic Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Dalam bimtek ini, berbagai panduan dalam menghasilkan inovasi dan melengkapi persyaratan untuk diajukan dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP).

"Bagian Organisasi selaku admin, berharap lahir inovasi-inovasi dari OPD-OPD di Kota Padang Panjang dan bisa masuk dalam Top 99 Pelayan Publik di Indonesia," harapnya.

Narasumber dari Kemenpan RB, Nailuredha Hermanto, S.AP menjelaskan berbagai tips dan kiat dalam menghasilkan inovasi yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dan mempermudah masyarakat untuk mengakses layanan tersebut.