Gara-gara kabelnya digerogoti tikus, menara telekomunikasi bantuan Kominfo di Solsel rusak

id berita solok selatan,berita sumbar,tikus

Gara-gara kabelnya digerogoti tikus, menara telekomunikasi bantuan Kominfo di Solsel rusak

Petugas dari Dinas Komunikasi dan Informatika Solok Selatan melakukan perawatan terhadap kabel jaringan di kantor Bupati Solok Selatan. (Antarasumbar/Erik Ifansya Akbar)

Menara itu rusak sudah seminggu dan sudah dilaporkan ke Bakti dan sekarang tekhnisinya masih dalam perjalanan ke sini,
Padang Aro (ANTARA) - Menara telekomunikasi bantuan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI di Muara Sangir Kabupaten Solok Selatan (Solsel), Sumatera Barat rusak karena kabelnya digerogoti tikus.

"Menara itu rusak sudah seminggu dan sudah dilaporkan ke Bakti dan sekarang tekhnisinya masih dalam perjalanan ke sini," kata Kepala Bidang Aplikasi dan Informatika Diskominfo Solok Selatan, Tommy Fernandes didampingi Kasi Aplikasi, Manajemen Data dan Informasi Arifuddin Hidayat di Padang Aro, Senin.

Dia mengatakan, menara bantuan Bakti di Muara Sangir sangat dibutuhkan oleh masyarakat sekitar sebab tidak adanya menara lain.

Dengan rusaknya menara ini, maka komunikasi masyarakat sekitar jadi terhambat sebab tidak ada jaringan telepon selualar.

"Menara di Muara Sangir bisa melayani setidaknya 500 user sehingga sangat dibutuhkan oleh masyarakat sekitar," ujarnya.

Dia menyebutkan, sekarang ada 36 titik blankspot di Solok Selatan yang tersebar di enam kecamatan dan paling banyak di Kecamatan Sangir Batang Hari yaitu 16 titik.

Sedangkan satu-satunya kecamatan yang tidak memiliki titik blankspot hanya Sungai Pagu.

Pada 2021, katanya sudah ada vendor yang melakukan survei di tiga titik untuk pembangunan menara telekomunikasi.

Tiga titik yang telah di survei tersebut yaitu di Sungai duo Kecamatan Pauah Duo, Koto Dua Lubuk Malako Sangir Jujuan dan Bulantiak Sungai Pagu.

Berdasarkan hasil dari tim suveyor ketiga lokasi ini sudah pas dan juga sangat didukung oleh warga sekitar sehingga sejauh ini tidak ada kendala.

Pada 2021 Solok Selatan memperoleh bantuan Internet satelit di 13 titik dari Bakti Kominfo untuk sekolah dan kantor Nagari.