Jaga keandalan Listrik, PLN melakukan pemeliharaan jaringan

id PLN, listrik, playstore, PLN Mobile

Jaga keandalan Listrik, PLN melakukan pemeliharaan jaringan

PT PLN (Persero) paparkan peranan perempuan penting dalam menunjang komitmen perseroan mengejar target Net Zero Emission pada 2060. (ANTARA/HO-PLN)

Padang (ANTARA) - Dalam rangka meningkatkan pelayanan melalui keandalan listrik kepada masyarakat, PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumbar secara rutin melakukan pekerjaan pemeliharaan jaringan listrik sebagaimana disampaikan oleh Manager Komunikasi dan TJSL PLN Unit Induk Wilayah Sumatera Barat, Yeni Rafii.

Menurutnya, pemeliharaan dilakukan secara rutin untuk memastikan pendistribusian pasokan listrik dapat dilakukan dengan maksimal.

“PLN melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan keandalan pasokan listrik kepada pelanggan. Salah satunya dengan rutin melakukan pemeliharaan jaringan listrik yang selalu kami informasikan kepada seluruh pelanggan atau stakeholder melalui media sosial milik PLN Sumbar,” ungkap Yeni seperti rilis yang diterima di Padang, Senin.

PLN secara rutin mengadakan pemeliharaan jaringan distribusi 20 KV sehingga di beberapa tempat akan mengalami padam, dengan waktu yang telah terjadwal dan diumumkan. Adapun durasi padam untuk pemeliharaan maksimal adalah 6 jam, dan luas area padam seminimal mungkin.

Yeni juga menginformasikan kondisi pasokan kelistrikan di wilayah kerja PLN UIW Sumatera Barat saat ini aman dan andal. Pembangkit-pembangkit yang ada di Sumbar saat ini memiliki kapasitas 770,21 MW dengan beban puncak tertinggi mencapai 609,60 MW. Sehingga cadangan daya pembangkit sebesar kira-kira 160,61 MW atau 20,85 persen.

Dengan kondisi tersebut artinya dari sisi pasokan dapat dikatakan cukup berlimpah sehingga PLN siap bersinergi dengan pemerintah untuk melistriki seluruh masyarakat hingga pelosok negeri.

Hal ini diperkuat dengan sistem interkoneksi kelistrikan di Sumatera (tol listrik) yang mampu menopang kebutuhan listrik sehingga Sumatera bagian tengah mendapatkan pasokan dari Selatan maupun Utara.

Selain itu PLN juga menyiagakan petugas Pekerjaan Dalam Keadaan Bertengangan (PDKB) yang siap menjamin keandalan listrik bagi masyarakat.

"Tugas PLN saat ini untuk terus melakukan peningkatan keandalan sistem distribusi guna menjamin lancarnya pasokan listrik dan kenyamanan pelanggan” tegas Yeni.

Untuk mendapatkan informasi kelistrikan, promo dan layanan PLN pelanggan bisa mengakses aplikasi PLN Mobile. Aplikasi ini dapat diunduh melalui Playstore atau Appstore di ponsel pelanggan.

Untuk informasi lainnya dalam cakupan Sumatera Barat dapat diakses melalui media social Instagram PLN Sumbar @plnsumbar dan fanpage Facebook PLN Wilayah Sumatera Barat.
Pewarta :
Editor: Siri Antoni
COPYRIGHT © ANTARA 2022