PLN berikan bantuan biaya sambungan listrik gratis bagi 3.854 KK pra-sejahtera di Sumbar

id PLN, sambungan gratis, listrik, warga pra sejahtera, UIW Sumbar

PLN berikan bantuan biaya sambungan listrik gratis bagi 3.854 KK pra-sejahtera di Sumbar

Manajemen PLN UIW Sumbar menyalurkan sambungan listrik gratis ke ribuan masyarakat di Pasaman Barat. (ANTARA/HO-PLN)

Padang (ANTARA) - Rangkaian peringatan Hari Listrik Nasional ke-76 masih belum berakhir mesti telah menggelar berbagai kegiatan, PLN pun kini kembali berkontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui bantuan listrik gratis bagi keluarga pra sejahtera tersebar di seluruh Indonesia.

Bantuan ini merupakan bagian dari gelaran PLN Mobile Virtual Charity Run and Ride (VCRR) 2021 yang hadir beberapa waktu lalu. Acara penyalaan listrik gratis untuk masyarakat prasejahtera di Sumbar berlangsung pada Sabtu (6/11) di Nagari Sungai Aur, Pasaman Barat.

Hadir dalam acara tersebut staf ahli Bupati Pasaman Barat Adrianto, PLT Kepala Dinas Sosial Kabupaten Pasaman Barat Hermanto, Camat dan Wali Nagari Sungai Aur, Danramil, Kapolsek, dan perwakilan penerima manfaat.

Dari PLN sendiri turut hadir Senior Manager Keuangan, Komunikasi dan Umum PLN UIW Sumbar Cipto Adi Sumartono, Senior Manager Perencanaan PLN UIW Sumbar Dicky Hiwardi, Manager UP3 Bukittinggi Syaiful Azhari Siregar, Manager Komunikasi dan TJSL Yeni Rafii, Manager ULP Simpang Empat Dito Nusa Putra.

Senior Manager Keuangan, Komunikasi dan Umum PLN UIW Sumbar Cipto Adi Sumartono dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas dukungan luar biasa dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, khususnya Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, yang telah bersinergi mendistribusikan salah satu program bantuan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL Program Listrik Gratis, kepada masyarakat dengan tepat sesuai dengan panduan data Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K).

“Kami sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas upaya seluruh pihak terkait dalam menyukseskan program ini. Saya mewakili PLN Sumbar mengajak semua pihak untuk turut serta berperan aktif dalam usaha menghadirkan kemerdekaan menikmati energi listrik untuk seluruh masyarakat seantero Nusantara. Mari kita bersama mengambil peran dalam mewujudkan pembangunan dan pertumbuhan ekonomi di Sumatera Barat,”ungkap Cipto.

Melalui Program TJSL Listrik Gratis di Sumbar PLN menyumbangkan dana sebesar Rp2.896.281.000,- untuk melistriki 3.854 kepala keluarga pada empat Kabupaten tersebar di Sumatera Barat. Sebanyak 93% kepala keluarga, atau total 3.243 kepala keluarga berlokasi di Pasaman Barat.

Sementara 307 lainnya berada di Kabupaten Agam, diikuti ratusan kepala keluarga di Kabupaten Sijunjung. Listrik Gratis ini diperuntukkan untuk Biaya Penyambungan (BP) Pasang Baru, token perdana gratis serta instalasi dan SLO gratis.

Manajemen PLN UIW Sumbar menyalurkan sambungan listrik gratis ke ribuan masyarakat di Pasaman Barat. (ANTARA/HO-PLN)


Cipto juga menyampaikan bahwa ini merupakan Program Listrik Gratis kedua dari PLN Unit Induk Wilayah Sumatera Barat di Tahun 2021, setelah sebelumnya pada Agustus 2021, PLN menyalurkan listrik gratis untuk 176 kepala keluarga di beberapa daerah tersebar di Kepulauan Mentawai.

Sebanyak 176 kepala Keluarga ini berasal dari lima desa Kecamatan Siberut Selatan, yaitu; Desa Maileppet, Desa Muntei, Desa Muara Siberut, Desa Madobag, dan Desa Simalegi dengan total bantuan sebesar Rp225.000.000 (Dua Ratus Dua Puluh Lima Juta Rupiah).

General Manager PLN UIW Sumbar Toni Wahyu Wibowo pada kesempatan yang berbeda menyampaikan bahwa program mulia ini diselenggarakan dalam rangka menyambut Hari Listrik Nasional yang pada tahun ini mengusung tema Terang Negeriku, Tangguh Indonesiaku.

“PLN melibatkan seluruh masyarakat melalui program PLN Mobile charity run and ride untuk berkontribusi dalam kegiatan sosial, dengan hitungan kilometer yang telah ditempuh oleh para pelari dan pesepeda yang konversikan dalam bentuk rupiah dan digunakan untuk membiayai penyambungan listrik masyarakat kurang mampu. Semoga bermanfaat dan mampu menggerakkan perekonomian masyarakat,” sambut Toni.

Staf Ahli Bupati Pasaman Barat Adrianto memberikan apresiasi kepada PLN yang terus berupaya mengambil bagian melalui program-program bantuan sosial untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada PLN yang sudah membantu kami Pemerintah Daerah dalam meringankan beban masyarakat yang membutuhkan bantuan. Ini sangat berarti bagi masyarakat yang hidup dalam garis kemiskinan. Semoga kepedulian PLN terus berlanjut di masa depan,”ujarnya.

Pada kesempatan ini juga hadir PLT Kepala Dinas Sosial Kabupaten Pasaman Barat, Hermanto, yang turut mengambil bagian dalam simbolisasi penyalaan bantuan penyambungan listrik gratis.

Sardani, salah seorang penerima bantuan di Sungai Aur bantuan mengungkapkan rasa terima kasihnya atas bantuan sambungan baru listrik bagi warga desanya.

“Terima kasih untuk PLN atas penyalaan listriknya. Bantuan ini sangat berarti dan bermanfaat bagi kami penerima bantuan. Persoalan sosial disini sangat kompleks, kemiskinan dan ketiadaan listrik sangat melemahkan kami. Namun sekarang kami dapat menjalankan kegiatan ekonomi dengan baik, ini sangat berarti bagi kami”, jelas Sardani.

Kesuksesan acara ini merupakan wujud sinergi seluruh pihak terkait untuk melistriki masyarakat Sumbar. PLN berharap HLN dapat menjadi momentum untuk saling membantu, khususnya dalam memberikan sambungan listrik baru.

Kebahagiaan terlihat jelas dari raut wajah warga Sungai Aur. Melalui bantuan yang sudah diberikan oleh PLN, mereka kini dapat beraktivitas dengan nyaman serta dapat mengembangkan aktivitas ekonomi dengan hadirnya listrik.
Manajemen PLN UIW Sumbar menyalurkan sambungan listrik gratis ke ribuan masyarakat di Pasaman Barat. (ANTARA/HO-PLN)