Warga Pasaman Barat antusias ikut vaksinasi dalam Sumdarsin

id Sumdarsin

Warga Pasaman Barat antusias ikut vaksinasi dalam Sumdarsin

Bupati Pasaman Barat, Hamsuardi, Kapolres AKBP M. Aries Purwanto bersama Forkopimda saat meninjau gebyar vaksin Sumatera Barat Sadar Vaksin (Sumdarsih) di halaman kantor bupati yang dihadiri ribuan masyarakat. (ANTARA/Altas Maulana)

Simpang Empat (ANTARA) - Antusias masyarakat mengikuti Sumatera Barat sadar vaksin (Sumdarsin) di tiga lokasi atau rayon di Kabupaten Pasaman Barat, Sumbar sangat tinggi dengan adanya doorprize yang disediakan panitia, Sabtu (30/10).

"Terima kasih kami ucapkan kepada masyarakat yang telah mau melaksanakan kegiatan vaksinasi. Kami bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) yang bahu membahu dalam akselerasi vaksinasi ini," kata Kepala Polres Pasaman Barat AKBP. M. Aries Purwanto di Simpang Empat, Sabtu.

Ia mengatakan untuk masyarakat yang jauh pihaknya menjemput dan pulangnya diantar diantar kembali menggunakan mobil dinas Polres Pasaman Barat yang telah disediakan.

Tiga lokasi atau rayon vaksinasi itu dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Pasaman Barat, dilapangan bola Padang Canduh Kinali dan di lapangan bola Kuamang Ujung Gading.

"Hingga saat ini vaksinasi masih berjalan dengan melibatkan tim medis dari Dinas Kesehatan," katanya.

Dengan gerakan serentak di seluruh Rayon itu, katanya maka diharapkan masyarakat lebih mudah melakukan vaksin dan tidak mudah terpengaruh dengan infoemasi menyesatkan.

Ia menyebutkan kegiatan gebyar sadar vaksin ini melibatkan semua pihak mulai dari pemerintahan, rumah sakit dan juga tokoh masyarakat di Pasaman Barat.

Menurutnya gebyar vaksinasi ini dilakukan dalam rangka percepatan capaian vaksin yang masih di bawah.

Ia menyebutkan pemberian vaksinasi di wilayah Pasaman Barat bertujuan mendukung percepatan penanganan COVID-19 untuk masyarakat sehat dan pemulihan ekonomi nasional menuju Indonesia maju.

"Artinya dengan vaksin maka akan tercapai herd immunity masyarakat agar tidak mudah terserang COVID-19. Ayo vaksin, vaksin halal dan aman," sebutnya.

Ia meminta kesadaran masyarakat agar bersedia divaksin untuk meningkatkan imun tubuh dan mencapai "herd immunity".

Dalam pelaksanaan vaksin pihaknya tetap mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker, mencuci tangan serta mengatur jarak selama pelaksanaan vaksin. *