Diingatkan pejabat LLDIKTI-X pada generasi muda pada peringatan Hari Sumpah Pemuda

id berita padang,berita sumbar,dikti

Diingatkan pejabat LLDIKTI-X pada generasi muda pada peringatan Hari Sumpah Pemuda

Poster LLDIKTI Wilayah X dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke 93 dengan mengusung tema "Bersatu, Bangkit, dan Tumbuh". (Antarasumbar/Humas LLDIKTI-X)

Memasuki Revolusi Industri 4.0, generasi muda saat ini akan menghadapi berbagai tantangan ke depannya terutama dalam bidang Teknologi Informasi,
Padang (ANTARA) - Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X dalam rangka peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 93 mengingatkan para pemuda Indonesia untuk menyadari berbagai tantangan global yang ada saat ini.

"Memasuki Revolusi Industri 4.0, generasi muda saat ini akan menghadapi berbagai tantangan ke depannya terutama dalam bidang Teknologi Informasi," kata Sekretaris LLDIKTI X Yandri. A. MH., di Padang, Kamis.

Ia mengatakan generasi muda harus bisa memahami dan mengikuti perkembangan teknologi yang semakin massif yang terus menghadirkan perubahan yang tak dapat dibendung.

Yandri berpesan kepada generasi muda agar jangan sampai tertinggal dalam mengikuti teknologi yang semakin cepat maju di segala lini kehidupan ini.

Untuk itu, lanjutnya pemuda harus mampu beradaptasi dengan terus mempelajari setiap perkembangan teknologi yang terjadi.

"Hal yang perlu diingat dalam teknologi ini yaitu kalau kita mampu beradaptasi dan mengendalikan teknologi maka kita akan bisa sukses akan tetapi kalau kita tidak mampu beradaptasi maka kita akan gagal dan tertinggal," ucapnya.

Ia berpesan kepada generasi muda untuk bisa memanfaatkan teknologi sebaik mungkin dan tidak menggunakannya untuk hal yang negatif dan sia-sia yang hanya membuang-buang waktu saja.

"Kita lihat masih banyak anak muda yang memanfaatkan gadget hanya untuk bermain tidak untuk belajar dan menambah wawasannya. Ini menjadi tantangan bagi kita secara garis besar untuk kembali memperbaiki itu," ujar dia.

Lebih lanjut, Ia mengemukakan tidak meratanya jaringan ke beberapa daerah pelosok menjadi hambatan para pemuda di daerah tersebut untuk mengikuti perkembangan teknologi.

Menurut dia, ini menjadi tantangan bagi pemerintah untuk bisa menyediakan jaringan yang merata hingga bisa menjangkau pelosok desa.

Sekretaris Lembaga menyampaikan pada peringatan Hari Sumpah Pemuda 2021, LLDIKTI Wilayah X mengusung tema 'Bersatu, Bangkit, dan Tumbuh' yang mana tema tersebut sangat relevan dengan situasi saat ini.

Tema ini menggambarkan spirit persatuan dalam keberagaman bangsa Indonesia. Juga menjadi spirit partisipasi kaum muda untuk bangkit melawan pandemi COVID-19, serta mewujudkan pertumbuhan ekonomi dengan semangat kewirausahaan pemuda.

Bersatu, berarti generasi muda harus bisa mempertahankan spirit persatuan dalam keberagaman bangsa Indonesia.

Sedangkan Bangkit, berarti pemuda sebagai spirit partisipasi kaum muda diminta untuk mampu bangkit melawan pandemi COVID-19.

Tumbuh, diartikan sebagai upaya dalam mewujudkan pertumbuhan ekonomi dengan semangat kewirausahaan pemuda.