Wako Pariaman ajak pemuda bersatu kembangkan pariwisata pulihkan ekonomi

id upacara sumpah pemuda di pariaman,berita pariaman,pariaman terkini,berita sumbar

Wako Pariaman ajak pemuda bersatu kembangkan pariwisata pulihkan ekonomi

Sejumlah siswa sedang menyaksikan pelaksanaan Upacara Bendera Memperingati 93 tahun Sumpah Pemuda di GOR Rawang yang merupakan pusat kegiatan pemuda di Kota Pariaman, Sumbar dari huruf raksasa atau 'giant letter mark' Youth Center, Kamis (28/10). (Antara/Aadiaat M.S. )

Pariaman, (ANTARA) - Wali Kota Pariaman, Sumatera Barat Genius Umar mengajak para pemuda untuk bersatu mengembangkan pariwisata daerah sebagai upaya mempercepat pemulihan ekonomi yang terdampak hebat akibat pandemi COVID-19.

"Jika sebelum kemerdekaan pemuda bersatu menyatakan sikap sebagai Indonesia, dan dengan persatuan kita bisa merebut kemerdekaan. Sekarang pemuda bisa bersatu memulihkan perekonomian yang terpuruk akibat pandemi," kata Genius Umar usai memimpin upacara peringatan 93 tahun Sumpah Pemuda di Pariaman, Kamis.

Ia mengatakan dalam skala daerah, banyak hal yang dapat dilakukan para pemuda untuk ikut serta dalam pemulihan ekonomi. Salah satunya ikut terlibat langsung dalam pengembangan sektor pariwisata.

Berwisata itu dunianya anak muda, maka peran pemuda di bidang pariwisata tidak saja ikut mengembangkan dan mengelola pariwisata, juga dapat menyosialisasikan kepada masyarakat luas tentang objek wisata di Pariaman.

Pemkot Pariaman sendiri siap memberikan peran yang lebih besar kepada para pemuda dengan ide-ide kreatifnya agar bisa menggairahkan pariwisata Pariaman. Karena peningkatan kunjungan wisata akan membantu ekonomi masyarakat bangkit kembali.

Kemudian para pemuda juga bisa terlibat dalam pembangunan infrastruktur. Salah satunya pemuda bisa ikut andil dalam merapikan kawasan dan bangunan yang merupakan sarana umum agar dapat dimanfaatkan masyarakat secara maksimal.

Salah satunya adalah GOR Rawang yang dulunya merupakan milik Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman sekarang telah menjadi milik Kota Pariaman.

Para pemuda bisa merapikan kawasan GOR Rawang agar bisa menjadi pusat kegiatan pemuda atau 'Youth Center', katanya.

Ia mengimbau pemuda daerah itu agar bersatu memajukan Kota Pariaman, karena peran pemuda diperlukan untuk mengatasi dampak pandemi COVID-19 yang masih terasa berat.

Genius meyakini jika semua pemuda di daerah bersatu maka kesulitan yang dialami masyarakat saat ini akan dapat diatasi secara bertahap.

Sekarang, kata dia Pemkot Pariaman sedang membangun arena lari di tepi lapangan bola sehingga di lokasi itu tidak saja dapat digunakan untuk bermain sepak bola, namun juga futsal dan lomba lari.

Semua ini juga dalam rangka memberikan dukungan kepada program kepemudaan agar memiliki kegiatan positif dengan memberikan dorongan semangat baik moril maupun prasarana untuk kegiatan pemuda berkembang. (*)