Ketua TP-PKK Payakumbuh: Keluarga memiliki peranan penting percepatan vaksinasi COVID-19

id berita payakumbuh,berita sumbar,vaksin

Ketua TP-PKK Payakumbuh: Keluarga memiliki peranan penting percepatan vaksinasi COVID-19

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat, Henny Riza Falepi. (Antarasumbar/Dokumen Pribadi)

Keluarga jelas penting dalam memberikan edukasi terkait vaksinasi COVID-19,
Payakumbuh (ANTARA) - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat, Henny Riza Falepi mengungkapkan bahwa peran keluarga sangat penting dalam menyukseskan vaksinasi COVID-19 yang saat ini terus digalakkan oleh pemerintah setempat.

"Keluarga jelas penting dalam memberikan edukasi terkait vaksinasi COVID-19. Setiap keluarga harus mendukung upaya preventif ini, karena mencegah lebih baik dari mengobati," kata Henny di Payakumbuh, Selasa.

Ia mengatakan vaksinasi COVID-19 ini juga merupakan upaya kolektif untuk mencapai kekebalan komunal (herd immunity) di masyarakat sehingga bisa melalui pandemi yang sudah hampir dua tahun.

"Jadi, saya sebagai ketua TP-PKK tak bosan-bosannya mengajak masyarakat untuk ikut vaksin, sebagai bagian dari program PKK untuk menjaga kesehatan keluarga," ujarnya

Menurutnya, TP-PKK sendiri sudah semenjak Juli 2021 terus menggencarkan sosialisasi di kelurahan-kelurahan dan kader untuk membawa masyarakat vaksin di fasilitas kesehatan terdekat.

"Bahkan sampai sekarang seluruh kader masih aktif dan bergerak dalam menggencarkan sosialisasi. Apalagi sekarang Pemkot Payakumbuh terus melakukan gebyar vaksinasi, sehingga ini mempermudah masyarakat," ungkapnya.

Henny juga mengimbau agar seluruh masyarakat dapat lebih selektif dalam memilah informasi terkait vaksinasi COVID-19 sehingga tidak termakan hoax.

Tidak hanya untuk vaksinasi COVID-19, keluarga juga memiliki peranan penting untuk membuat masyarakat terus patuh dalam menjalankan protokol kesehatan.

"Meski di Kota Payakumbuh saat ini kasus COVID-19 sudah melandai, kita tetap harus waspada. Anggota keluarga yang beraktivitas di luar rumah harus turut bertanggung jawab terhadap kesehatan keluarga di rumah. Ketika sampai di rumah, pastikan membersihkan badan terlebih dahulu sebelum berkumpul dengan keluarga," ungkapnya.

Ia mengatakan orang tua harus berbicara kepada anak-anak tentang mengapa penting untuk tetap tidak berkerumun dan berkumpul dengan teman-teman mereka.

"Apalagi bagi si kecil yang sudah cukup lama tidak berjumpa dengan teman-temannya, tidak pernah berlibur, tentu akan ada rasa bosan. Peran orang tua penting sekali untuk memberikan informasi kepada anak-anak sesuai dengan usia dan tingkat pemahaman mereka," ujarnya.