Maksimalkan "Sumbar sadar vaksin" Pemkab Solok Selatan kejar target vaksinasi

id berita solok selatan,berita sumbar,vaksin

Maksimalkan "Sumbar sadar vaksin" Pemkab Solok Selatan  kejar target vaksinasi

Sekretaris Daerah Solok Selatan, Syamsurizaldi memberikan arahan terkait pelaksanaan "Sumbar sadar vaksin" yang akan dilaksabakan pada Sabtu 30/10 di sekolah-sekolah. (Antarasumbar/Erik Ifansya Akbar)

Filosofinya melayani sambil mengedukasi dan dari siswa juga bisa menjangkau orangtuanya untuk ikut divaksin,
Padang Aro (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat memaksimalkan program "Sumbar sadar vaksin" sebagai langkah dan strategi percepatan capaian target vaksinasi di daerah itu.

Sekretaris Daerah Solok Selatan, Syamsurizaldi di Padang Aro, Selasa, mengatakan, Pemkab bersama Forkopimda dan stake holder terkait melakukan pemusatan kegiatan vaksinasi pada kegiatan "Sumbar sadar vaksin" ini di sekolah-sekolah dan madrasah.

"Filosofinya melayani sambil mengedukasi dan dari siswa juga bisa menjangkau orangtuanya untuk ikut divaksin," ujarnya.

Selain itu pemusatan program "Sumbar sadar vaksin" di sekolah karena pada Sabtu mereka masih belajar sedangkan kegiatan akan dilaksanakan pada hari Sabtu (30/10).

Alasan lainnya, karena sekolah adalah pusat pendidikan, banyaknya jumlah siswa beserta orangtuanya berpotensi untuk diberikan vaksinasi.

Kepala Dinas Kesehatan setempat, Novirman mengatakan saat ini yang dikejar adalah starategi pemusatan vaksinasi di sekolah-sekolah, pusat kesehatan, nagari, tempat umum seperti pasar, kantor wali dan pusat keramaian lainnya.

“Targetnya akhir oktober 2021 vaksinasi mencapai 50 persen dan sekarang sudah 37,4 persen berarti masih ada 12,6 persen yang harus dikejar hingga empat hari kedepan," katanya.

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Solok Selatan, capaian vaksinasi di Solok Selatan pertanggal 25 Oktober 2021 sebesar 37,4 persen.

Dengan rincian dosis satu sebanyak 53.834 orang atau 37,4 persen dan dosis dua sebanyak 23.702 orang atau 16,5 persen.

Dia berharap, dengan adanya gebyar vaksin pada Sabtu nanti target vaksinasi yang ditetapkan bisa tercapai di Solok Selatan.

Pada Sabtu, 30 Oktober 2021, pemerintah Provinsi Sumatera Barat akan melakukan giat vaksinasi secara serentak bertajuk "Sumbar Sadar Vaksin" dan menargetkan pemberian vaksin kepada 100 ribu orang di seluruh Kabupaten/Kota di Sumbar.