Pemkot Pariaman minta Pemprov bantu daerah bangun jalan kota tepi air

id Pariaman,Sumbar, Pariaman

Pemkot Pariaman minta Pemprov bantu daerah bangun jalan kota tepi air

Gubernur Sumbar, Mahyeldi (kanan) didampingi Wali Kota Pariaman Genius Umar (kiri) secara simbolis menyerahkan bantuan rehab rumah tidak layak huni di Pariaman pada Bulan Bakti Karang Taruna dan Bulan Kesetiakawanan Sosial tingkat provinsi di kota tersebut, Minggu. .  (Antara/Aadiaat M. S)

Pariaman, (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) meminta pemerintah provinsi (Pemprov) setempat membantu pengerasan dan pengaspalan jalan sepanjang enam kilometer yang baru dibuka dengan konsep kota tepi air atau 'waterfront city' di Kecamatan Pariaman Selatan.

"Kami telah membuka jalan di tepi sungai sepanjang enam kilometer secara swadaya atau tanpa APBD namun kondisinya sekarang masih tanah, jadi mohon pak gubernur membantu agar ada yang ditinggalkan Pemprov di sana," kata Wali Kota Pariaman Genius Umar saat sambutan pada Bulan Bakti Karang Taruna dan Bulan Kesetiakawanan Sosial tingkat provinsi di kota tersebut, Minggu.

Ia mengatakan lebar jalan tersebut berkisar enam sampai delapan meter yang merupakan milik warga dan dihibahkan untuk kepentingan pembangunan kawasan wisata dengan konsep kota tepi air.

Ia menyampaikan jalan yang dibangun di tepi Sungai Batang Mangau atau Mangor tersebut dikerjakan secara gotong royong bersama kepala organisasi perangkat daerah (OPD) serta masyarakat.

"Sekarang kan anggaran kegiatan tidak ada, jadi OPD tidak ada kegiatan. Kalau ada kepala OPD yang di kantor saja berarti dia tidak bekerja. Jadi kepala OPD saya ajak goro untuk membangun jalan sehingga ada kerjaan," katanya.

Selain meminta bantuan Pemprov, pihaknya juga meminta pemerintah pusat untuk membantu pembangunan jalan tersebut sehingga dapat cepat selesai dan digunakan untuk peningkatan ekonomi masyarakat.

Selain meminta bantuan membangun jalan, dirinya juga meminta Pemprov Sumbar dan pemerintah pusat untuk segera menangani abrasi sungai yang terjadi di daerah pembangunan jalan karena dapat mengancam lahan pertanian warga.

Ia mengatakan setelah membangun jalan dengan konsep kota tepi air di Pariaman Selatan pihaknya juga akan membangun jalan di tepi pantai di Pariaman Utara dengan konsep yang sama.

Sementara itu, Gubernur Sumbar Mahyeldi pada sambutannya menginstruksikan kepala OPD di tingkat provinsi untuk melaksanakan kegiatan di Pariaman.

"Harus ada kolaborasi dan sinergi dengan pemerintah daerah," ujarnya.

Ia mengatakan saat ini pihaknya sedang menggali potensi dan meningkatkan kolaborasi dan sinergi dengan pemerintah daerah untuk percepatan pembangunan dan peningkatan ekonomi masyarakat.

Ia pun mendorong OPD dan pihak terkait segera menghabiskan dana kegiatan yang masih berada di kas agar terjadi perputaran ekonomi sehingga perekonomian Sumbar dapat kembali bangkit yang dalam dua tahun ini perkembangannya rendah akibat pandemi COVID-19.

Pewarta :
Editor: Mario Sofia Nasution
COPYRIGHT © ANTARA 2021