Pemkot Solok terus upayakan capai target vaksinasi 70 persen hingga November

id Berita solok, berita sumbar, pemkot solok, vaksinasi solok

Pemkot Solok terus upayakan capai target vaksinasi 70 persen hingga November

Wakil Wali Kota Solok, Ramadhani Kirana Putra saat menghadiri gebyar vaksin di SMPN 2 Kota Solok, sumbar (Antara/HO/Humas Solok)

Solok (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Solok, Sumatera Barat (Sumbar) terus mengupayakan pencapaian target vaksinasi dosis pertama 70 persen pada November 2021 sebagai bentuk upaya menekan penyebaran COVID-19 di daerah itu.

"Target vaksinasi untuk Kota Solok pada November mendatang, yaitu untuk dosis pertama minimal sebanyak 70 persen dan untuk dosis kedua sebanyak 40 persen," kata Wali Kota Solok melalui Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Nova Elfino di Solok, Minggu.

Ia juga meminta kepada masyarakat Kota Solok supaya selalu mematuhi protokol kesehatan meskipun telah melakukan vaksinasi COVID-19.

“Walaupun sudah vaksin tetap jaga protokol kesehatan. Jangan lupa menerapkan 5M dan ditambahkan dengan doa," ujar dia dalam sambutannya saat menghadiri gebyar vaksinasi masal yang digelar IDI Kota Solok dalam rangka peringatan HUT IDI ke-71.

Ia mengapresiasi IDI Kota Solok yang telah melaksanakan kegiatan gebyar vaksinasi. ”Mudah-mudahan target kita semakin terkejar dalam hal vaksinasi,” ujarnya.

Di samping itu, Ketua IDI Kota Solok dr Helwi Nofira mengatakan vaksinasi ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat Kota Solok dalam rangka memerangi pandemi COVID-19.

“Imunitas kita akan terbentuk jika sudah divaksin dua kali, jadi jangan lalai jika sudah divaksin satu kali,” ucapnya.

Ia menyebutkan ada pun target yang dikejar dalam gebyar vaksin ini berjumlah 1.000 peserta. "Menariknya, akan ada souvenir dan hadiah bagi peserta vaksin, baik untuk peserta vaksin maupun untuk tim vaksinator," ujar dia.

Selain itu, Wali Kota Solok sendiri telah menyiapkan satu unit sepeda yang akan dibagikan kepada masyarakat yang mengikuti vaksinasi, serta masih banyak lagi hadiah-hadiah besar lainnya yang telah disiapkan.

Sementara, berdasarkan laporan satuan tugas (Satgas) COVID-19 Kota Solok terdapat penambahan kasus baru terkonfirmasi positif COVID-19 sebanyak satu orang dan sembuh dua orang.

Berdasarkan penambahan kasus tersebut sampai saat ini komposisi perkembangan kasus COVID-19 di Kota Solok, yakni 2.347 orang yang terdiri atas sembuh 2.276 orang, menjalani isolasi mandiri tujuh orang, dan meninggal 64 orang.

Sesuai instruksi menteri dalam negeri Nomor 54 tahun 2021 tanggal 18 Oktober 2021, bahwa saat ini Kota Solok berada dalam PPKM level tiga. Oleh karena itu masyarakat diimbau agar tetap menerapkan prokes dalam menjalani aktivitas sehari-hari.