Capaian vaksinasi COVID-19 Pasaman Barat naik signifikan

id Vaksinasi

Capaian vaksinasi COVID-19 Pasaman Barat naik signifikan

Percepatan vaksinisasi COVID-19 terus dilakukan Pemkab Pasaman Barat, Polres dan instansi lainnya untuk mencapai herd immunity. (ANTARA/Altas Maulana)

Simpang Empat (ANTARA) - Capaian vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat menanjak naik dalam dua pekan terakhir dari 11, 83 persen atau 39.389 orang, saat ini naik menjadi 20,41 persen atau 67.990 orang .

"Lebih kurang dua pekan ini vaksinisasi dikebut dan capaian mulai naik," kata Juru Bicara Satgas COVID-19 Pasaman Barat Gina Alecia di Simpang Empat, Minggu.

Ia mengatakan percepatan vaksinisasi terus dilakukan oleh Pemkab Pasaman Barat, Polres Pasamaan Barat, TNI dan instansi lainnya dengan membuka gerai vaksin sampai ketingkat nagari atau desa.

"Gempuran vaksinisasi terus ditingkatkan disemua lini. Mudah-mudahan dari 333.063 sasaran wajib vaksin dapat tercapai nantinya," harapnya.

Menurutnya untuk mencapai target itu maka Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) sepakat mengadakan vaksinisasi setiap hari di gerai yang telah dibuka.

"Diminta kesadaran masyarakat untuk divaksin karena tujuannya adalah untuk meningkatkan imun tubuh atau hed immunity," sebutnya.

Pihaknya juga terus menyosialisasikan vaksinisasi dengan mengajak masyarakat agar mendatangi gerai vaksin atau fasilitas kesehatan terdekat.

"Sosialisasi baik melalui baliho, spanduk, media sosial, media cetak dan online terus kita lakukan. Mari vaksin untuk menjaga diri dan orang lain dari bahaya COVID-19," harapnya.

Sementara itu Kepala Polres Pasaman Barat AKBP M. Aries Purwanto mengatakan terus melaksanakan upaya percepatan vaksinisasi COVID-19 di wilayah hukumnya.

Artinya, katanya, pihaknya saat ini berupaya "mengempur" vaksinisasi dengan berkolaborasi dengan berbagai pihak bagaimana terget capai sasaran dapat tercapai.

"Untuk itu, setiap hari vaksinisasi di gerai presisi Polres, Polsek dan tempat lainnya dilaksanakan penyuntikan vaksin," ujarnya.

Ia meminta kesadaran masyarakat agar bersedia divaksin untuk meningkatkan imun tubuh dan mencapai "herd immunity".

"Edukasi terhadap pentingnya vaksin terus kita lakukan sampai ke bhabinkamtibmas yang ada di tingkat nagari atau desa," ujarnya.

Dalam pelaksanaan vaksin pihaknya tetap mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker, mencuci tangan serta mengatur jarak selama pelaksanaan vaksin.*