Lapas Talu Pasaman Barat lakukan donor darah berbagi di tengah pandemi COVID-19

id lapas talu,donor darah

Lapas Talu Pasaman Barat lakukan donor darah berbagi di tengah pandemi COVID-19

Kepala Lapas Talu Kabupaten Pasaman Barat Donni Isa Dermawan saat melakukan donor darah untuk berbagi di tengah pandemi COVID-19, Kamis. (Antara/Altas Maulana)

Simpang Empat (ANTARA) - Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Talu, Pasaman Barat, Sumatera Barat menggelar donor darah yang diikuti petugas dan warga binaan di tengah pandemi COVID-19, Kamis.

Menurut Kepala Lapas Talu, Donni Isa Dermawan di Simpang Empat, Kamis aksi donor darah itu dilakukan sebagai bentuk kepedulian untuk yang membutuhkan dalam rangka memeriahkan Hari Dharma Karyadhika (HDKD) 2021.

Pihaknya bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Pasaman Barat yang diikuti lima orang petugas dan 27 orang warga binaan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Ia mengatakan donor darah banyak manfaatnya, baik bagi diri sendiri maupun bagi orang lain yang menerima donasi darah.

"Berbuat kebaikan bisa dilakukan dalam wujud apapun apalagi di tengah pandemi COVID-19 ini," sebutnya.

Ia mengajak jajarannya untuk selalu berperan aktif dalam membantu mencukupi kebutuhan darah melalui donor darah.

"Donor darah ini bukan hanya momen tertentu saja namun diharapkan dapat dilakukan setiap tiga bulan," harapnya.

Ia menjelaskan di momen HDKD 2021 merefleksikan Kumham Peduli dan Kumham Berbagi tersebut diawali dengan rapat refleksi dengan Kemenkumham yang digelar secara virtual di Aula Lapas Talu. Serta dilaksanakan kegiatan bakti sosial pembagian paket new normal.

Sebanyak 15 paket new normal berisi botol minuman (tumbler), masker, hand sanitizer, dan perlengkapan lain yang diperlukan untuk adaptasi kebiasaan baru dibagikan melalui Puskesmas Talu.

Bakti Sosial diikuti seluruh Pejabat Struktural dan Pegawai Lapas Talu, terlibat langsung dalam bakti sosial serta dihadiri oleh Kapuskesmas Talu dan relawan PMI Pasaman Barat.

Ia menambahkan bakti sosial Kumham Peduli, Kumham Berbagi dan Empati Kumham adalah bentuk kepedulian nyata Kemenkumham RI khususnya Lapas Talu kepada masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19, bertepatan dengan semangat Hari Dharma Karya Dhika tahun 2021.

"Kita semua harus saling membantu satu sama lain," ajaknya.

Ia berharap bantuan yang disampaikan kali ini dapat menjadi manfaat bagi masyarakat yang terdampak maupun amal baik bagi yang senantiasa untuk berbagi. (*)