Di selingkar Danau Maninjau ada 9 nagari dijadikan destinasi wisata, disini lokasinya

id berita agam,berita sumbar,wisata

Di selingkar Danau Maninjau ada 9 nagari dijadikan destinasi wisata, disini lokasinya

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Agam, Syatria. (Antarasumbar/Yusrizal)

Sembilan nagari itu bakal dikembangkan menjadi nagari wisata untuk Agam wilayah barat,
Lubuk Basung (ANTARA) - Sembilan nagari atau desa adat di selingkar Danau Maninjau, Kecamatan Tanjungraya, Kabupaten Agam, Sumatera Barat akan dijadikan destinasi wisata dalam meningkatkan ekonomi masyarakat.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Agam, Syatria di Lubukbasung, Rabu, mengatakan ke sembilan nagari itu yakni, Nagari Maninjau, Bayua, Duo Koto, Koto Gadang, Kota Kaciak, Koto Malintang, Sungai Batang, Paninjauan dan Tanjung Sani.

"Sembilan nagari itu bakal dikembangkan menjadi nagari wisata untuk Agam wilayah barat," katanya.

Ia mengatakan, kawasan Kecamatan Tanjungraya merupakan satu paket dengan wisata di Puncak Lawang Kecamatan Matur.

Untuk itu, semua nagari di Tanjungraya otomatis sebagai lokus utama pengembangan pariwisata Agam.

Pembenahan objek wisata di sekitar Danau Maninjau telah dilakukan dengan pengembangan Objek Wisata Sejarah Museum Buya Hamka, Pengembangan Objek Wisata Alam, kesenian anak nagari dan pemberdayaan sadar wisata di semua nagari.

Pemkab Agam juga mengadakan Festival Danau Maninjau,

"Tapi dua tahun terakhir memang aktifitas wisata kita turun drastis karena pandemi COVID-19, mudah mudahan pandemi segera berakhir," katanya.

Ia menjelaskan konsep pengembangan wisata yang dilontarkan Bupati Agam, Andri Warman menjadi salah satu target besar yang akan dicapai.

Sebagaimana yang sering didengar, bahwa bupati akan membangun sarana wisata moderen kereta gantung dari Puncak Lawang hingga Salingkar Danau Maninjau.

"Kita sedang mempersiapkan perencanaan sesuai arahan bupati, kita mohon dukungan semua pihak," katanya.

Secara keseluruhan Agam memiliki 21 nagari wisata. Agam punya branding "Agam Pesona Beragam" karena ada keberagaman dari sisi geografisnya, mulai dari laut, danau, gunung, ngarai, dan keanekaragaman kulinernya.

Saat ini sektor pariwisata merupakan salah satu program unggulan. Dalam perencanaan nantinya, akan diciptakannya beberapa destinasi baru seperti taman safari di Kecamatan Canduang, kereta gantung dari Lawang hingga Danau Maninjau, dan masjid apung di Tiku.

"Apa yang akan kita lakukan ini untuk mewujudkan Nagari Wisata di Agam khususnya di Tanjungraya," katanya. ***1***