ACT Pasaman Barat sediakan bus makan gratis bagi masyarakat yang vaksin dan donor darah (Video)

id act,bus makan gratis,vaksinasi covid-19

ACT Pasaman Barat sediakan bus makan gratis bagi masyarakat yang vaksin dan donor darah (Video)

Bupati Pasaman Barat Hamsuardi saat membagikan makanan gratis dari Aksi Cepat Tanggap (ACT) dalam kegiatan vaksinisasi COVID-19 di halaman kantor bupati, Selasa. (ANTARA/Altas Maulana)

Simpang Empat (ANTARA) - Aksi Capat Tanggap (ACT) Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat melakukan aksi berbagi dengan menyediakan bus makan gratis atau "Humanity Food Bus" kepada masyarakat di tengah kesulitan ekonomi saat pandemi COVID-19.

Kepala Cabang ACT Pasaman Barat Gatoed Kusuma di Simpang Empat, Selasa mengatakan kehadiran bus makan gratis disediakan di lokasi di tiga lokasi yang melaksanakan vaksin dan donor darah.

"Kita menyediakan dua bus besar yang di dalamnya bisa menyediakan makanan bagi yang vaksin dan donor darah," katanya.

Manurutnya tujuan dibagikan makanan itu untuk perbaikan gizi masyarakat yang ikut vaksin dan donor darah.

"Dalam tiga hari ini kita menyediakan 900 porsi. Kemarin di Koramil Simpang Empat, hari ini di halaman kantor bupati, besok di Talu dan setelah itu di wilayah Ujung Gading," ujarnya.

Pihaknya berkolaborasi dengan semua pihak. Mulai dari Pemkab Pasaman Barat, Polri, TNI, organisasi masyarakat dan tokoh masyarakat.

"Kita butuh kerja sama dengan semua pihak karena ACT tidak bisa berjalan sendiri dalam rangka percepatan vaksinisasi COVID-19," harapnya.

Ia menambahkan bus yang disediakan dimodifikasi menjadi dapur berjalan ini dilengkapi dengan peralatan memasak canggih bak dapur restoran di hotel bintang lima.

"Food bus ini merupakan penyempurnaan dari Humanity Food Truck yang telah melanglangbuana sebelumnya. Terdapat berbagai kelebihan Food Bus ini ketimbang Food Truck. Terutama di dapurnya, banyak komponen baru seperti tilting pan dan grill pan," katanya.

Bus makan gratis, katanya makanan yang disediakan merupakan porsi santapan lezat, higienis, bersih, dan tentunya halal untuk dibagikan kepada mereka yang membutuhkan.

Sementara itu Bupati Pasaman Barat Hamsuardi memberikan apresiasi kepada ACT yang menyediakan bus makanan bagi masyarakat yang vaksin dan donor darah.

"Hal seperti ini merupakan upaya menarik masyarakat untuk bersedia di vaksin dalam rangka percepatan vaksinisasi COVID-19," ujarnya.

Menurutnya kegiatan ACT ini akan dikolaborasikan dengan PMI, pramuka, Dinas Kesehatan di kecamatan yang ada.

"Kita telah membuka gerai vaksinisasi sampai ke tingkat nagari atau jorong. Sampai akhir tahun vaksinisasi akan terus kita lakukan agar imun tubuh masyarakat meningkat dan tidak mudah terserang COVID-19," ujarnya. *