Enam peserta Sumbar bertanding pada hari pertama STQ Nasional di Maluku Utara

id stq

Enam peserta Sumbar bertanding pada hari pertama STQ Nasional di Maluku Utara

Penampilan peserta asal Sumbar Fathiyah Arafah Afsyah pada cabang hifzhil 5 juz putri. (Antara/HO)

Sofifi (ANTARA) - Sebanyak enam peserta kafilah Sumatera Barat akan berlaga pada hari pertama pelaksanaan Seleksi Tilawatil Quran Nasional XXVI 2021 di Sofifi Maluku Utara pada Minggu.

Wakil Pimpinan Kafilah Sumbar Yufrizal menyebutkan enam kafilah yang bertanding tersebut untuk cabang tilawah, hifzhil , 500 hadis dan tafsir bahasa Arab.

Adapun peserta yang berlomba yaitu Fathiyah Arafah pada cabang hifzhil 5 juz putri, Fitri Mardhiyah pada cabang tafsir bahasa Arab putri, Rafif Samdya cabang hifzhil 30 juz putra, Tazkiyatul Fauziyah 500 hadis tanpa sanad putri.

Lalu, Muhammad Mufid Al-Izza cabang hifzhil 20 juz putra dan Dasrizal pada cabang tilawah dewasa putra.

Ia menyampaikan pendamping yang turun Benny Malwa dan Nofriyanti sedangkan pelatih Ihsan Nuzula dan Afdhil Fadhil.

Kabid Penaiszawa Kemenag Sumbar tersebut memastikan seluruh kafilah Sumbar siap untuk bertanding pada hari ini dan siap mempersembahkan yang terbaik untuk Sumbar.

Sebelumnya, Wagub Sumbar, Audy Joinaldy menyambangi pemondokan kafilah yang dipusatkan di rumah-rumah dinas ASN Pemprov Malut yang disambut hangat dan gembira seluruh kafilah serta official.

Sementara Ketua Harian Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran Sumbar Muhammad Ridho Nur menyampaikan pihaknya menargetkan bisa meraih lima besar pada ajang kompetisi yang diikuti 34 provinsi di Tanah Air itu.

"Kalau tidak bisa lima besar minimal tiga besar," kata dia.

Menurut dia peluang meraih kemenangan berasal dari seluruh cabang lomba mulai dari tilawah dewasa dan anak-anak, tahfiz dan hadis.

"Mudah-mudahan dari ketiga cabang ini ada yang tampil sebagai juara satu," kata dia.

Oleh sebab itu ia memohon doa dan dukungan warga Sumatera Barat agar mereka yang berlomba bisa mendapatkan yang terbaik.

"Ini adalah dalam rangka mengharumkan nama Ranah Minang di kancah nasional," katanya.