Legislator: aspirasi Bawaslu Kota Bukittinggi akan diperjuangkan ke pusat

id Legislator, Bawaslu, KPU, pemilu

Legislator: aspirasi Bawaslu Kota Bukittinggi akan diperjuangkan ke pusat

Legislator asal Sumbar Rezka Oktoberia. (ANTARA/Dokumen Pribadi))

Bukittinggi (ANTARA) - Anggota DPR RI Rezka Oktoberia berjanji akan memperjuangkan aspirasi dan saran maupun kritikan dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bukittinggi, Sumatera Barat ke pusat, guna peningkatan proses pemilihan selanjutnya di daerah tersebut.

"Alhamdulillah kami bersilaturahmi dan mendengarkan evaluasi dari penyelenggaraan Pilkada serentak pada tahun 2020 dan Pemilu 2019 lalu bersama Bawaslu Bukittinggi," kata anggota Komisi II DPR RI Rezka Oktoberia di Bukittinggi, Sabtu.

Ia mengatakan, kegiatan itu dilakukan sehubungan dengan persiapan pelaksanaan Pemilu dan Pemilihan yang akan dihelat pada tahun 2024 mendatang.

"Kami di Komisi II telah berdiskusi dengan Bawaslu RI dan KPU RI terkait design dan konsep pelaksanaannya," kata Rezka.

Menurutnya, kunjungan Reses ke Kantor Bawaslu Kota Bukittinggi, Sumatera Barat dan beberapa daerah lainnya untuk memaksimalkan penerimaan aspirasi dari penyelenggara dan pengawas pemilu di daerah.

"Sebelumnya, kita juga telah mendengarkan aspirasi dari KPU Kota Bukittinggi dan beberapa masukkan terkait konsep pemilihan telah kita rangkum untuk dipelajari di pusat," kata dia.

Ketua Bawaslu Bukittinggi Ruzi Haryadi menyambut baik langkah strategis yang dilakukan Legislator asal partai Demokrat tersebut untuk menjemput aspirasi dan menampung saran.

"Masukan yang kita sampaikan antaranya adalah evaluasi pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2020 kemarin dan persiapan terkait penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan yang beririsan pada tahun 2024 mendatang," katanya.

Ruzi menambahkan beberapa harapannya diantaranya untuk penambahan personel Bawaslu di Kota Bukittinggi untuk memaksimalkan kerja dalam hal pengawasan Pemilihan.