Tim GNRM Unbrah Launching Aplikasi Premitalcare Cegah Stunting Sejak Dini

id GNRM Unbrah, Premitalcare.com

Tim GNRM Unbrah Launching Aplikasi Premitalcare Cegah Stunting Sejak Dini

Peluncuran aplikasi Premitalcare.com cegah stunting di Kabupaten Solok. (ANTARA/ist)

Arosuka (ANTARA) - Tim Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) Universitas Baiturrahmah (Unbrah) Padang secara resmi melaunching aplikasi premitalcare.com sebagai langkah mencegah penyakit stunting secara daring dan luring di Kanagarian Bukik Sileh, Kabupaten Solok Sumbar.

"Aplikasi premitalcare.com merupakan aplikasi intervensi kesehatan yang dilakukan oleh remaja dalam mempersiapkan 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) sehingga terhindar dari kejadian stunting atau kejadian gagal pertumbuhan, " kata Dosen Unbrah sekaligus pimpinan GNRM Unbrah Vitri Yuli Afni Amran, S.ST, M.Keb usai kegiatan launching, Jumat (15/10)

Dalam aplikasi gratis ini terdapat kontrak pemeriksaan kesehatan dengan puskesmas selanjutnya admin puskesmas akan melakukan pemeriksaan dan pencatatan melalui aplikasi yang meliputi pencatatan pemeriksaan fisik, pemeriksan laboratorium, dan imunisasi TT.

Selanjutnya untuk menuntaskan permasalahan kesehatan yang ditemukan dalam pencatatan maupun jawaban dari pengetahuan remaja yang belum benar tentang tata cara persiapan kesehatan pranikah maka ada edukasi kesehatan berupa artikel kesehatan yang sudah terkoneksi sesuai masalah yang dihadapi remaja.

Harapannya edukasi ini dapat memudahkan beban kerja tenaga kesehatan dalam memberikan edukasi tepat guna terhadap remaja.

Selain dari itu untuk memudahkan remaja dalam berkonsultasi pra-nikah. Di dalam aplikasi juga sudah di lengkapi kolom chat yang terhubung dengan admin baik itu ke puskesmas maupun ke KUA.

Untuk upaya keberlanjutan pemantauan kesehatan dan status gizi pada remaja di wilayah kerja Bukik Sileh telah dibentuk pos premarital care sebagai wadah bagi remaja melakukan pengendalian kesehatan secara mandiri.

Sementara itu pada saat launching dibuka oleh Rektor Unbrah, yang diwakili Wakil Rektor III Drs. Eka Trio Effandilus. Pada acara itu Dilakukan dengan penyerahan aplikasi dan penyerahan pos premarital care secara simbolis dari unbrah yang di lakukan oleh PiC kegiatan kepada bapak camat dan Puskesmas Bukik Sileh.

Kegiatan itu dilanjutkan dengan kegiatan edukasi dan penyerahan voucer kesehatan gratis secara simbolis untuk 50 remaja di Bukik Sileh

Tujuan dari aplikasi premaritalcare.com dapat merubah perilaku kesehatan remaja dalam menjaga kesehatan

Dalam hal ini keberadaan aplikasi tersebut dapat mewujudkan harapan civitas akademika Unbrah menjadikan sebagai universitas yang fokus bidang kesehatan di Sumbar. Selanjutnya melalui program Kemenko PMK ini dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang sesuai dengan karakteristik GNRM yaitu integrasi, etos kerja dan gontong goyong.

Dalam hal ini Dinas Kesehatan setempat melalui bidang kesmas menyatakan dukungan penuh untuk kegiatan yang dilakukan oleh unbrah.
Peluncuran aplikasi Premitalcare.com cegah stunting di Kabupaten Solok. (ANTARA/ist)
Salah satunya dengan merencanakan akan melakukan replikasi program ke kanagarian lainnya yang ada di Kabupaten Solok.

Sementara itu pada saat launching sebanyak 23 orang terlibat dalam kegiatan dan tergabung dalam Tim GNRM Unbrah, 22 orang dari kanagarian serta melibatkan 50 remaja yang terlaksana secara luring dan daring.

Kegiatan Launching ini menjadi kelanjutan dari Capacity Building dalam pencegahan stunting yang telah dilaksanakan sehari sebelumnya di lokasi yang sama tepatnya Kamis 14 Oktober 2021.

Program Capacity Building dan Launching aplikasi Premitalcare.com merupakan bagian dari program tim GNRM Unbrah melalui pendanaan Kemenko-PMK tahun 2021.*