Legislator minta pemprov konsisten majukan sektor pertanian

id DPRD Sumbar,Sumbar,Padang

Legislator minta pemprov konsisten majukan sektor pertanian

Rapat pembahasan Komisi II DPRD Sumatera Barat (ANTARA/HO DPRD Sumbar)

Padang, (ANTARA) - Ketua Komisi II DPRD Sumatera Barat Arkadius Dt Intan Bano meminta pemerintah provinsi agar konsisten memajukan sektor pertanian yang menjadi program unggulan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar.

Arkadius di Padang,Kamis mengatakan gubernur menargetkan anggaran pertanian sebesar 10 persen dari total APBD Sumbar, pada penyusunan KUA PPAS APBD 2022 pertanian masih mendapatkan porsi 8,3 persen.

"Pada pembahasan RAPBD 2022, komisi mendorong porsi anggaran tersebut sesuai target yang ditetapkan," katanya.

Menurut dia sebagian dewan merealisasikan anggaran pokok pikirannya kepada sektor pertanian, perkebunan serta perikanan dan adanya realisasi tersebut, bukan tidak mungkin target porsi anggaran tersebut tercapai.

Dia mengatakan dengan adanya porsi anggaran 10 persen untuk pertanian, diharapkan kesejahteraan petani meningkat, karena 5,2 persen masyarakat Sumbar mengantungkan hidup mereka pada sektor tersebut.

"Ada tiga poin strategis yang harus dilakukan pemerintah provinsi bagi masyarakat tani, pertama mereka harus diimbau untuk selalu produktif. Kebutuhan modal produksi harus terpenuhi dan persoalan kelangkaan terhadap pupuk subsidi harus dituntaskan," katanya.

Dia mengatakan ketika hasil produksi meningkat pemerintah harus hadir agar harga tidak jatuh,jika tidak, upaya untuk menyejahterakan petani akan tidak terwujud.

Ia mengatakan untuk menampung dan mendistribusikan hasil pertanian akan dibuat BUMD Agro untuk mengakomodir hasil pertanian, lembaga itu hadir juga bentuk program strategis gubernur serta berperan sebagai penyanggah.

" Bercermin dari KUA PPAS APBD 2022 , pendapat daerah masih pada Rp 6,6 triliun angka tersebut masih tergolong rendah harus ada inovasi agar angka tersebut naik dan bisa mengakomodir program program unggulan pada komposisi APBD, " katanya.