Dimasa pandemi, omzet perajin alat musik tiup Minangkabau motif tabuik Pariaman meningkat

id berita pariaman,berita sumbar,tiup

Dimasa pandemi, omzet perajin alat musik tiup Minangkabau motif tabuik Pariaman meningkat

Perajin alat musik tiup Minangkabau asal Desa Sikapak Timur Kecamatan Pariaman Timur Kota Pariaman Sumatera Barat Olia Efendi sedang menyusun sejumlah alat musik tiup di Pariaman. (Antarasumbar/Aadiaat M. S. )

Pada 2019 omzet kisaran Rp1 juta perbulan, pada 2020 omzet sekitar Rp1 juta sampai Rp1,5 juta perbulan, dan sekarang alhamdulillah Rp1,5 juta sampai Rp2 juta perbulan,
Pariaman (ANTARA) - Omzet perajin alat musik tiup Minangkabau bermotif tabuik atau khas Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) meningkat dimasa pandemi yakni mencapai Rp2 juta perbulan yang angka itu meningkat dari 2019 yang hanya Rp1 juta per bulan.

"Pada 2019 omzet kisaran Rp1 juta perbulan, pada 2020 omzet sekitar Rp1 juta sampai Rp1,5 juta perbulan, dan sekarang alhamdulillah Rp1,5 juta sampai Rp2 juta perbulan," kata salah seorang perajin alat musik tiup Minang asal Desa Sikapak Timur, Kecamatan Pariaman Utara, Olia Efendi di Pariaman, Rabu.

Ia mengatakan peningkatan tersebut tidak terlepas dari pemesan karyanya itu yang tidak saja berasal dari dalam negeri namun juga luar negeri di antaranya Malaysia dan Singapura.

Ia menyampaikan bila pada 2019 pemasaran alat musik tiup yang diproduksinya didominasi oleh kalangan mahasiswa maka sekarang pelanggannya sudah masyarakat umum.

"Sekarang lebih banyak orang awam. Bukan dari mahasiswa seni saja," katanya.

Ia pun membuat video cara menggunakan alat tiup Minang dan mengunggahnya di Youtube guna membantu pelanggannya dalam mempelajarinya.

Ia menyebutkan ada sejumlah alat musik tiup Minang yang dibuatnya yaitu bansi, saluang, pupuik sarunai, pupuik lambok, sampelong.

Dari lima alat musik yang diproduksinya itu, lanjutnya yang paling banyak peminat yaitu bansi karena dinilai lebih mudah digunakan dan lebih populer dari yang lainnya.

Sedangkan untuk harga alat musik tiup karyanya itu paling tinggi yaitu Rp150 ribu per unit atau naik dari 2019 yang Rp100 ribu per unit.

Untuk penjualan dirinya tidak saja menggunakan cara luar jaringan atau 'offline' namun juga secara dalam jaringan atau 'online' untuk menjangkau yang lebih luas.

Selain menerima pesanan satuan ia juga menerima pesanan partai besar yang terakhir pesanan 1.200 unit alat tiup dari Pemerintah Provinsi Sumbar.

Sebelumnya salah seorang pemuda di Desa Sikapak Timur Kecamatan Pariaman Timur Kota Pariaman Sumatera Barat Olia Efendi membuat alat musik tiup Minangkabau berukir tabuik yang dipasarkan melalui internet ke sejumlah daerah di Indonesia.

"Rata-rata pemesannya sih dari luar Sumbar," kata dia di Pariaman.

Ia mengatakan ada lima jenis alat musik tiup Minangkabau yang dibuat dan dipasarkannya oleh pemuda yang baru menyelesaikan studinya di salah satu perguruan tinggi di Kota Pariaman itu.

Ia menyebutkan adapun alat musik tiup tersebut yaitu saluang, sampelong, pupuik lambok, bansi, dan serunai yang bahannya sama-sama dari bambu.