Payakumbuh kembali zona hijau, setelah tak ada lagi warganya positif COVID-19

id berita payakumbuh,berita sumbar,covid

Payakumbuh kembali zona hijau, setelah tak ada lagi warganya positif COVID-19

Teks foto: Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh, Bakhrizal. Antara/Akmal Saputra (Antarasumbar/Akmal Saputra)

Alhamdulillah semenjak kemarin (Selasa) tidak ada lagi warga Kota Payakumbuh yang dinyatakan terpapar COVID-19,
Payakumbuh (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh, Sumatera Barat mencatat tidak ada lagi masyarakat yang dinyatakan positif COVID-19 sehingga membuat daerah tersebut kembali ke zona hijau.

"Alhamdulillah semenjak kemarin (Selasa) tidak ada lagi warga Kota Payakumbuh yang dinyatakan terpapar COVID-19. Sehingga kita sudah masuk kembali ke zona hijau," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh, Bakhrizal di Payakumbuh, Rabu.

Ia mengatakan tidak adanya kasus positif COVID-19 bukan berarti tenaga kesehatan tidak melakukan tes kepada warganya dalam beberapa waktu terakhir.

"Kita selalu melakukan tes, baik dari warga yang kontak langsung dengan pasien positif COVID-19 maupun yang memiliki gejala yang mengarah ke COVID-19," ujarnya.

Secara keseluruhan total warga Kota Payakumbuh yang telah dinyatakan positif COVID-19 mencapai 2.697 orang, telah dinyatakan sembuh sebanyak 2.639 orang dan yang meninggal dunia 53 orang.

Bahkan, sambungnya di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) setiap harinya juga melakukan tes kepada pasien yang akan di rawat inap di rumah sakit.

Menurutnya, saat ini Pemerintah Kota Payakumbuh terus menggiatkan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 dengan pelaksanaan gebyar vaksinasi sapu jagad untuk dapat mencapai target 60 persen sampai dengan akhir Oktober 2021.

"Bahkan dalam satu hari pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di kota Payakumbuh bisa dilaksanakan di 25 titik berbeda, mulai dari perkantoran, kelurahan hingga ke sekolah-sekolah," ujarnya.

Ia mengatakan untuk bisa melaksanakan vaksinasi COVID-19 di 25 titik tersebut, tenaga kesehatan Kota Payakumbuh harus bekerja sampai malam hari.

"Dengan ketersediaan tenaga kesehatan kita, mereka harus bekerja bahkan sampai malam. Dari satu titik ke titik lainnya. Ini jelas harus kita apresiasi," katanya.

Ia mengatakan bahwa Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi memang fokus untuk pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di daerah yang dipimpinnya.

Dia mencatat sampai dengan pelaksanaan Rabu (13/10), angka vaksinasi COVID-19 di Payakumbuh kurang lebih sudah mencapai 40 persen dan ditargetkan terus meningkat setiap harinya.

"Untuk itu kami terus mengajak masyarakat untuk dapat mengikuti vaksinasi COVID-19 sehingga nantinya terbentuk kekebalan komunal (herd immunity) sehingga imunitas warga kita terbentuk dan tidak mudah terpapar COVID-19," ujarnya.

Bagi masyarakat yang mau mengikuti vaksinasi COVID-19 bisa langsung mendatangi puskesmas-puskesmas dan akan diarahkan oleh petugas di puskesmas.