Dilakukan AQUA Solok untuk jalankan produksi berkonsep ramah lingkungan

id berita padang,berita sumbar,aqua

Dilakukan AQUA Solok untuk jalankan produksi berkonsep ramah lingkungan

Jumpa pers yang dugelar oleh Aqua di Padang, Selasa (12/10). (Antarasumbar/Fathul Abdi)

Di samping menjalankan prduksi  secara efektif dan efisien, faktor sosial dan lingkungan tidak bisa dikesampingkan,
Padang (ANTARA) - Pabrik air mineral Aqua Solok, Sumatera Barat (Sumbar) menekankan bahwa seluruh proses produksi pihaknya dilakukan dengan konsep ramah lingkungan.

"Seluruh proses produksi termasuk pemanfaatan sumber daya alam kami laksanakan secara bijak sesuai peraturan yang berlaku, serta selalu memperhatikan faktor dampak lingkungan," kata Kepala Pabrik AQUA Solok, Endro Wibowo dalam jumpa pers di Padang, Selasa.

Ia menjelaskan salah satu landasan produk Pabrik AQUA Solok dalam berproduksi saat ini adalah program Blue Operations.

Dalam artian produksi yang ramah lingkungan diterapkan Aqua dari hulu hingga ke hilir pada setiap aspek.

"Di samping menjalankan prduksi secara efektif dan efisien, faktor sosial dan lingkungan tidak bisa dikesampingkan," jelasnya.

Ia menyebutkan saat ini hasil produksi dari Pabrik AQUA Solok di Jorong Kayu Aro Kabupaten Solok berupa kemasan gallon, kemasan botol 1.500 ml, dan kemasan botol 600 ml.

Produk-produk tersebut disebar luaskan untuk lima provinsi mulai dari Sumatera Barat, Riau, Jambi, Bengkulu, dan Sumatera Utara.

Sementara External Relations Senior Manger Wilayah Sumatera, Wirnos mengatakan proses produksi ramah lingkungan berdasarkan pada visi "One Planet One Health" yang dijalankan AQUA Solok sebagai bagian dari Danone-AQUA.

"Visi itu menegaskan bahwa kesehatan bumi dan kesehatan masyarakat memiliki hubungan yang sangat erat, karenanya Pabrik AQUA Solok terus melakukan kegiatan sosial lingkungan," jelasnya.

Ia menceritakan upaya pelestarian lingkungan di Solok telah dimulai sejak pabrik dibangun pada 2010, berbagai kegiatan sosial dan lingkungan dijalankan secara berkelanjutan hingga sekarang.

Stakeholder Relations Pabrik AQUA Solok, Azrai mengatakan kegiatan sosial yang menjadi adalah pembangunan sarana akses bersih, pertanian berkelanjutan, konservasi dan keanekaragaman hayati, dan pengembangan ekonomi masyarakat setempat.

Pembangunan sarana air bersih dan fasilitas sanitasi dilakukan di jorong Kayu Aro, Lubuk Selasih, Kayu Jao dengan penerima manfaat 1.769 orang.

Sementara untuk konservasi dan keanekaragaman hayati dilaksanakan pada daerah resapan air, sekitar pabrik, hingga di dalam pabrik.

Ia mengatakan program lainnya adalah pemberdayaan masyarakat meliputi pengembangan kelompok usaha makanan ringan serta minuman di jorong Kayu Jao dan Lubuk Selasih, dengan jumlah penggerak 43 orang.

Ia mengatakan lewat produksi ramah lingkungan itu AQUA Solok telah menyabet berbagai pengerhargaan seperti Indonesia Sustainable Development Award (ISDA) dari Corporate Forum for CSR Development (CFCD) Indonesia sejak 2015-2021, kategori GOLD atas kontribusi dalam pencapaian MDGs dan SDGs.

Kemudian Penghargaan Proper Biru dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI dari Tahun 2015- 2020, Penghargaan Industri Hijau dari Kementerian Perindustrian.