PON PAPUA - Meski cedera tangan, Gilang Ilhaza masih mampu raih perak untuk Sumbar

id berita padang,berita sumbar,pon papua

PON PAPUA - Meski cedera tangan, Gilang Ilhaza masih mampu raih perak untuk Sumbar

Gilang Ilhaza Fernandes (kiri) yang meraih medali perak di PON Papua. (Antarasumbar/Mario Sofia Nasution)

Gilang ini mengalami cedera sejak pertandingan babak penyisihan,
Padang (ANTARA) - Atlet Gulat Sumatera Barat (Sumbar), Gilang Ilhaza Fernandes meraih medali perak untuk daerahnya di kelas 74 kilogram gaya bebas yang digelar di GOR Dispora Merauke meski mengalami cedera jari tangan yang cukup parah.

Pelatih Gulat Sumbar, Arnaldi mengatakan pencapaian ini sungguh luar biasa karena dirinya bisa sampai babak final meski mengalami kekalahan.

"Gilang ini mengalami cedera sejak pertandingan babak penyisihan dan selain itu ia juga menggantikan posisi kawannya yang tidak dapat ikut berlaga di PON Papua," kata dia.

Menurut dia Gilang telah berjuang maksimal memberikan yang terbaik untuk Sumatera Barat dan memang keberuntungan belum ada di pihak Sumbar.

Gilang Ilhaza Fernandes yang berlaga di kelas 74 kilogram gaya bebas putra di laga perdana menghadapi Heri Padli dari Papua dan berhasil menang dengan skor 10-0.

Meski menang, cedera di jari kanannya kambuh sehingga tim masseur Sumbar harus bekerja keras untuk memperbaikinya dan mencoba meringankan rasa sakit yang diderita atlet.

Dirinya terus berjuang optimal dan di laga kedua saat menghadapi Amriln Dulman dengan percaya diri dirinya memenangkan pertandingan dengan skor 14-4.

Dirinya lolos ke semifinal sebagai juara grup dan menantang atlet Kalimantan Selatan Rendy Aditya dari Kalimantan Selatan di kelas 74 kilogram skor 12-2.

Di babak semifinal terjadi sedikit persoalan karena Sumbar protes terhadap putusan wasit yang dianggap merugikan

Pertandingan sempat terhenti namun kembali dilanjutkan 10 menit kemudian, perjuangan Gilang membuahkan hasil setelah Rendy Aditya yang kalah dengan skor 2-12.

Kemudian di babak final, Gilang harus mengakui keunggulan Rachmat Hadi dari Jawa Timur yang mampu membuat skor 8-0 di babak final. Gilang telah berusaha keras untuk meraih emas namun usahanya masih terhalang karena penampilan atlet Jawa Timur sangat memukau.

Di perebutan tempat ketiga atlet Kalimantan Selatan Randy Aditya dengan Heri Padli Papua yang sempat tertunda dan akhirnya Rendy menjadi juara setelah Heri Fadli tak memenuhi panggilan bertanding dari panitia.