Menanti kemitraan Diskominfo-FJKIP Bukittinggi dalam dukung keterbukaan informasi

id berita bukittinggi,berita sumbar,KI

Menanti kemitraan Diskominfo-FJKIP Bukittinggi dalam dukung keterbukaan informasi

Kegiatan Jurnalistik di Bukittinggi. (Antarasumbar/Al Fatah)

Ini sejarah baru bagi dunia jurnalistik,
Bukittinggi (ANTARA) - Forum Jurnalis Keterbukaan Informasi Publik (FJKIP) Kota Bukittinggi melakukan audiensi dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Bukittinggi yang ikut mendukung keterbukaan informasi di daerah tersebut kepada publik.

Pertemuan dilaksanakan di Bukittinggi Command Center (BCC), Jumat, dihadiri Kepala Diskominfo Bukittinggi, Novri.

"Ini sejarah baru bagi dunia jurnalistik, kami mengucapkan selamat dan mendukung langkah keterbukaan informasi dari FJKIP Bukittinggi, yang merupakan forum mewadahi awak jurnalis di bawah garis KI Sumbar," kata Novri.

Ia mengatakan, forum ini tentu akan menjadi perpanjangan tangan dari organisasi independen dari provinsi dan pusat untuk memenuhi hak publik terhadap keterbukaan informasi.

"Sesuai yang tertuang dalam UU nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik, kita tentunya mendukung hal tersebut," ujar Novri, didampingi Kabid Informasi dan Komunikasi Publik, Aprilia Astuti serta Kasi Komunikasi Publik, Riri Alhadilla.

Ia menambahkan harapannya agar FJKIP bisa membantu pemerintah dalam mengedukasi ataupun meliterasi masyarakat terhadap keterbukaan informasi.

"Karena ada informasi yang terbuka, ada juga yang dikecualikan, untuk itu lengkapilah seluruh administrasi dan kami siap membuka diri untuk bertukar pikiran dan saling memberi masukan dalam bingkai silaturrahmi, untuk mewujudkan kota yang informatif," kata dia.

Sementara Ketua FJKIP Bukittinggi, Rifa Yanas menjelaskan wadah perkumpulan wartawan yang satu tujuan ini ditujukan untuk mengedepankan keterbukaan informasi publik dan menjadi mitra strategis dari Komisi Informasi (KI).

"Dari awal, FJKIP digagas oleh KI Sumbar yang menjadi KI pertama di Indonesia yang membentuk wadah perkumpulan awak media dan juga menginisiasi wadah FJKIP agar keterbukaan infomasi publik itu lebih maksimal," kata dia.

FJKIP Bukittinggi merupakan forum ke-tiga di Indonesia yang dibentuk, untuk yang pertama KI mendorong lahirnya FJKIP Sumbar, kedua FJKIP Pesisir Selatan dan ketiga FJKIP Bukittinggi.

"FJKIP Bukittinggi dibentuk pada tanggal 13 September 2021 dan telah dikeluarkan SK-nya dari FJKIP Sumbar pada tanggal 20 September 2021 dan kita terbuka untuk seluruh wartawan," kata dia.