Upaya IWAPI Pariaman perbanyak pengusaha wanita milenial

id berita pariaman,berita sumbar,iwapi

Upaya IWAPI Pariaman perbanyak pengusaha wanita milenial

Ketua DPC IWAPI Kota Pariaman, Sumbar Fitrinawati. (Antarasumbar/Aadiaat M. S. )

Nanti kami munculkan program ini karena banyak wanita (Pariaman) usia 17 sampai 35 tahun mengikuti pelatihan di Balai Pendidikan dan Pelatihan Padang,
Pariaman (ANTARA) - Dewan Pengurus Cabang (DPC) Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Kota Pariaman, Sumatera Barat akan memprogram pelatihan wirausaha untuk generasi muda sebagai upaya memperbanyak pengusaha wanita milenial di daerah itu.

"Nanti kami munculkan program ini karena banyak wanita (Pariaman) usia 17 sampai 35 tahun mengikuti pelatihan di Balai Pendidikan dan Pelatihan Padang," kata Ketua DPC IWAPI Kota Pariaman, Fitrinawati usai Pelantikan dan Pengukuhan DPC IWAPI Kota Pariaman, di Pariaman, Kamis.

Ia mengatakan saat ini pengusaha wanita yang masuk ke dalam organisasi itu mencapai 75 orang dengan rentang usia 30 tahun ke atas.

Oleh karena itu, lanjutnya pihaknya bertekad menjalankan program pelatihan wirausaha kepada generasi muda wanita sebagai regenerasi pengusaha kaum hawa di daerah itu.

"Kalau ada anak-anak dari ibu-ibu IWAPI akan kami fasilitasi nanti," katanya.

Menurutnya dengan semakin banyak muncul pengusaha muda di Pariaman maka daerah itu akan semakin maju.

Ia pun juga akan menambah jumlah anggota IWAPI Pariaman dengan merekrut banyak pengusaha wanita yang ada di daerah itu.

Sementara Wali Kota Pariaman, Genius Umar mengatakan banyak pelaku usaha di daerah itu berasal dari perempuan.

Keberadaan pelaku usaha wanita tersebut juga mendukung sektor pariwisata di Pariaman karena menyediakan berbagai makanan dan minuman untuk wisatawan.

"Selain itu juga ada menjual kerajinan dan produk lainnya yang berhubungan dengan hilir dan hulunya pariwisata," ujarnya.

Namun, lanjutnya ia mendorong IWAPI Pariaman dapat membantu pelaku usaha wanita di daerah itu memasarkan produknya melalui daring.

Sebelumnya Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat mendorong Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) di daerah itu dapat membantu pelaku usaha wanita lainnya untuk memasarkan produk melalui dalam jaringan (daring) atau 'online'.

"IWAPI diharapkan mampu memasarkan produk-produk lokal yang ada di Pariaman dengan cara-cara yang lebih modern yakni dengan cara bisnis 'online' (daring)," kata Genius Umar.

Ia mengatakan dengan pemasaran secara daring maka orang se-Indonesia bisa membeli produk yang diproduksi oleh wanita tangguh yang ada di Pariaman.

Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2021