Lantamal II Padang tetap awasi Pantai Barat Sumatera di tengah pandemi COVID-19

id Laksamana Pertama TNI Hargianto.,Lantamal II Padang ,berita padang,berita sumbar

Lantamal II Padang tetap awasi Pantai Barat Sumatera di tengah pandemi COVID-19

Komandan Lantamal II Padang Laksamana Pertama TNI Hargianto. (ANTARA/Fathul Abdi)

Padang, (ANTARA) - Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) II Padang, Sumatera Barat tetap mengawasi pantai barat Sumatera di tengah pandemi COVID-19 untuk menjaga keamanan wilayah.

"Pengawasan pantai barat tetap dimaksimalkan untuk mengantisipasi pelanggaran kedaulatan serta pelanggaran hukum," kata Komandan Lantamal II Padang Laksamana Pertama TNI Hargianto, di Padang, Selasa.

Menurutnya patroli terus digalakkan dengan mengerahkan empat kapal perang yang ada yakni KRI Kelabang, KRI Kala Hitam, KRI Kurau, dan KRI Cakalang.

"Selain itu patroli kawasan pesisir juga terus berjalan melalui kapal Patroli Keamanan Laut (Patkamla)," katanya.

Menurutnya ancaman di pantai barat Sumatera tergolong kecil karena berhadapan langsung dengan laut lepas.

Selain itu kedalaman laut di kawasan pantai Barat juga membuat kerawanan tergolong minim jika dibandingkan dengan laut Natuna.

Namun demikian pengawasan tetap dimaksimalkan untuk mengantisipasi berbagai bentuk pelanggaran seperti penyelundupan narkoba, penyelundupan orang, pencurian ikan, pembalakan liar, dan lainnya.

Selain pengawasan pelanggaran, Lantamal Padang juga memiliki fokus untuk mengantisipasi bencana di laut.

"Saat ada kejadian bencana di laut maka kami kerahkan personel serta alat untuk melakukan pertolongan dan penanganan," jelasnya.

Ia menegaskan pihak Lantamal II akan terus melaksanakan pengawasan di wilayah hukumnya demi menjaga kemanan dan kedaulatan negara. (*)