Cara Kodim 0312 Padang tumbuhkan semangat bela negara pada generasi muda

id berita padang,berita sumbar,kodim

Cara Kodim 0312 Padang tumbuhkan semangat bela negara pada generasi muda

Kodim 0312 Padang memperingati HUT TNI ke 76 secara sederhana dengan menyaksikan secara virtual kegiatan Upacara HUT TNI yang dilaksanakan oleh Lantamal di Padang, Selasa. (Antarasumbar/Dokumen Pribadi)

TNI telah memberikan berbagai pembinaan maupun penyuluhan diberbagai kesempatan bagi generasi muda, salah satunya pada saat orientasi siswa,
Padang (ANTARA) - Kodim 0312 Padang lakukan berbagai pembinaan guna tumbuhkan semangat juang dan semangat bela negara bagi generasi muda.

"TNI telah memberikan berbagai pembinaan maupun penyuluhan diberbagai kesempatan bagi generasi muda, salah satunya pada saat orientasi siswa," kata Pasipers Kodim 0312, Mayor Kav. Sukri di Padang, Selasa.

Ia mengatakan pada saat kegiatan orientasi siswa, akan ada satuan dari Koramil maupun Kodim untuk menyampaikan terkait wawasan nusantara.

Menurut dia, melalui penyampaian terkait empat pilar dasar negara kepada siswa, diharapkan mereka bisa memahami cikal bakal negara yang dimulai dari proses perjuangan sampai dengan mengisi kemerdekaan yang penuh liku-liku.

Lebih lanjut, ia mengatakan pihaknya juga memotori kegiatan pelatihan oleh pemuda Pancasila yang dilaksanakan selama tiga hari.

"Ini juga kita jadikan sebagai momentum untuk menumbuhkan rasa bela negara dan cinta tanah air dan ikut berperan serta dalam mengisi pembangunan negara kita," ujar dia.

Ia berharap para pemuda generasi milenial memiliki karakter dan memahami bahwasanya negara Indonesia ini adalah negara kesatuan dan memiliki beraneka ragam perbedaan.

Akan tetapi, lanjutnya generasi muda haruslah mampu menjadikan perbedaan itu suatu yang indah bak kata pepatah yaitu pelangi itu indah karena dia berwarna.

"Demikian juga kita menyamakan persepsi bahwasanya walaupun hidup dengan keberagaman mulai dari Indonesia bagian barat hingga timur, dengan arus globalisasi yang terjadi saat ini kami harapkan mereka memiliki karakter yang beradab," harapnya.

Ia menambahkan, Indonesia adalah termasuk bangsa timur yang dimana merupakan bangsa yang memiliki karakter yang berbeda dengan bangsa-bangsa lain di Eropa.

Sementara itu, dalam rangka HUT TNI yang Ke 76, Kodim 0312 memperingati HUT dengan sederhana dengan menyaksikan upacara secara virtual yang dilakukan oleh Lantamal.