Bank Mandiri lanjutkan transformasi digital di ulang tahun ke-23

id mandiri, berita padang, berita sumbar

Bank Mandiri lanjutkan transformasi digital di ulang tahun ke-23

Peluncuran Livin by Mandiri, Bank Mandiri Area Padang (Antara/HO-Mandiri)

Padang (ANTARA) - Memasuki usia 23 tahun Bank Mandiri melakukan lompatan untuk menyediakan solusi perbankan digital yang andal kepada nasabah dengan meluncurkan Financial Super App Livin' By Mandiri.

Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi melalui siaran pers yang diterima di Padang, Minggu mengatakan dengan didukung oleh digitalisasi sampai dengan posisi akhir Agustus 2021 Bank Mandiri berhasil mengoptimalkan penghimpunan dana pihak ketiga (DPK) serta mampu menekan biaya dana dengan lebih efisien.

Optimalisasi tersebut tercermin dari total DPK (bank only) Bank Mandiri per Agustus 2021 yang menembus Rp933,04 triliun, tumbuh 8,00 persen secara YoY dengan rasio CASA terhadap DPK sebesar 72,86 persen . Cost of Fund (CoF) berada di angka 1,67 persen atau menurun sebesar 110 bps secara year on year.

Pertumbuhan dari sisi kredit juga selaras dengan upaya pemulihan ekonomi Indonesia. Telihat sampai dengan akhir Agustus 2021 total penyaluran kredit Bank Mandiri secara bank only tumbuh sebesar 8,06 persen secara year on year (YoY).

Darmawan menambahkan, salah satu bukti keberhasilan digitalisasi pada Bank Mandiri ini tercermin dari meningkatnya jumlah pengguna Financial Super App Livin' By Mandiri yang mencapai 8,2 juta di akhir Agustus 2021 meningkat sebesar 50 persen jika dibandingkan dengan periode setahun sebelumnya.

Seiring dengan pertumbuhan jumlah pengguna, laju transaksi finansial nasabah Bank Mandiri melalui Livin' by Mandiri juga melesat hingga 63 persen yoy menembus 607,5 juta transaksi dengan nilai transaksi menyentuh Rp1.008 triliun per akhir Agustus 2021.

Selaras dengan tema HUT ke-23 “Mandiri Jadi Digital” perseroan telah mampu mendigitalisasi hampir seluruh layanan transaksi nasabah Bank Mandiri. Hasilnya, hingga kuartal III 2021 lebih dari 95 persen transaksi perbankan Bank Mandiri dapat dilakukan secara digital.

Sebagai Wholesale Super Digital Platform lanjut Darmawan, Kopra by Mandiri akan mengintegrasikan seluruh kebutuhan transaksi wholesale ke dalam satu platform secara single sign on (SSO) dengan fitur Cash Management, Forex Transaction, Value Chain Financing, Trade Finance, Smart Account, serta Online Custody.

Hadir untuk memenuhi kebutuhan nasabah wholesale dan UKM, Kopra by Mandiri dilengkapi dalam 3 (tiga) varian layanan, yaitu Kopra Portal, Kopra Host to Host, dan Kopra Partnership yang menyesuaikan dengan kebutuhan nasabah di segmen wholesale.

Digitalisasi pada Bank Mandiri juga direfleksikan pada tampilan fisik sejumlah cabang perseroan yang baru direnovasi. Salah satunya adalah cabang Jakarta Plaza Mandiri yang akan diujicoba dengan konsep Branch of the Future, cabang ini akan didukung dengan inovasi terkini di bidang perbankan digital. Rencananya hingga akhir tahun ini, perseroan akan memiliki 4 Cabang dengan konsep tersebut.

Sebagai salah satu rangkaian perayaan HUT ke-23 dan peluncuran Livin by Mandiri, Bank Mandiri Area Padang juga menyelenggarakan kegiatan open booth untuk membantu aktivasi Livin by Mandiri di Transmart mulai tanggal 2 Oktober sampai dengan 14 November 2021, kegiatan berbagi masker Livin by Mandiri di beberapa lokasi di Kota Padang, Kota Bukittinggi, Kota Padang Panjang, Kota Batusangkar dan Kota Payakumbuh, kerjasama promo di beberapa merchant Bank Mandiri.

Kegiatan ini merupakan dalam rangka campaign Livin by Mandiri sebagai salah satu solusi layanan digital yang andal bagi masyarakat Indonesia.

Area Head Bank Mandiri Area Padang Yorinaldi menjelaskan bahwa sebagai salah satu rangkaian perayaan HUT ke-23 dan launching Livin by Mandiri, Bank Mandiri Area Padang juga menyelenggarakan kegiatan open booth untuk membantu aktivasi Livin by Mandiri di Transmart mulai tanggal 2 Oktober sampai dengan 14 November 2021, kegiatan berbagi masker Livin by Mandiri di beberapa lokasi di Kota Padang, Kota Bukittinggi, Kota Padang Panjang, Kota Batusangkar dan Kota Payakumbuh, kerjasama promo di beberapa merchant Bank Mandiri.

"Kegiatan ini merupakan dalam rangka campaign Livin by Mandiri sebagai salah satu solusi layanan digital yang handal bagi masyarakat Indonesia" konfirmasi Yorinaldi