Melalui strategi Pengarusutamaan Gender, Pemkab Pasaman Barat raih penghargaan ini

id berita pasaman barat,berita sumbar,gender

Melalui strategi Pengarusutamaan Gender, Pemkab Pasaman Barat raih penghargaan ini

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Keluarga Berencana dan Perlindungan Pemberdayaan Perempuan dan Anak (DPPKBP3A) Pasaman Barat, Anna Rahmadia saat memperlihatkan penghargaan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak dengan merebut Anugerah Parahita Ekapraya (APE) tahun 2020 kategori madya, Senin. (Antarasumbar/Altas Maulana)

Anugerah Parahita Ekapraya (APE) kategori Madya ini melengkapi penghargaan tingkat Nasional Anugerah Kabupaten Layak Anak (KLA) yang juga tingkat Madya diraih Pasaman Barat pada akhir Juli 2021,
Simpang Empat (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasaman Barat, Sumatera Barat memperoleh penghargaan dalam kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak dengan merebut Anugerah Parahita Ekapraya (APE) tahun 2020 kategori madya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Keluarga Berencana dan Perlindungan Pemberdayaan Perempuan dan Anak (DPPKBP3A) Pasaman Barat, Anna Rahmadia mengatakan penghargaan itu diperoleh melalui strategi Pengarusutamaan Gender (PUG).

Menurutnya penghargaan ini diserahkan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia terkait upaya pengarusutamaan gender (PUG) di Pasaman Barat.

Ia mengatakan penghargaan APE ini merupakan bentuk komitmen bersama sesuai peran masing-masing.

Kemudian terpenting peran para pimpinan serta stakeholder pemerintah pusat dan daerah dalam upaya mewujudkan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak melalui strategi Pengarusutamaan Gender (PUG).

"Anugerah Parahita Ekapraya (APE) kategori Madya ini melengkapi penghargaan tingkat Nasional Anugerah Kabupaten Layak Anak (KLA) yang juga tingkat Madya diraih Pasaman Barat pada akhir Juli 2021," katanya.

Ia menyebutkan, APE merupakan penghargaan yang diberikan kepada kementerian atau lembaga dan pemerintah daerah yang dinilai telah berkomitmen dalam pencapaian dan perwujudan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan, dan perlindungan anak, serta memenuhi kebutuhan anak.

"Penghargaan ini sebagai bentuk pengakuan atas komitmen dan peran para pimpinan kementerian atau lembaga dan pemerintah daerah dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender dalam Strategi Pengarusutamaan Gender (PUG)," katanya.

Kemudian melalui penghargaan itu diharapkan akan benar-benar mampu menciptakan keadilan bagi SDM perempuan yang memang benar memiliki potensi di berbagai bidang pembangunan.

Ia mengucapkan rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan ini sehingga memperoleh penghargaan tingkat nasional.

Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2021