Dosen Faterna Unand Laksanakan PkM Pengembangan Usaha Ternak Kerbau Murrah di Kelompok Tani Ternak Sapi Kelok Rambai, Nagari Kapau, Kab. Agam

id Pengabdian unand

Dosen Faterna Unand Laksanakan PkM Pengembangan Usaha Ternak Kerbau Murrah di Kelompok Tani Ternak Sapi Kelok Rambai, Nagari Kapau, Kab. Agam

Dr. Ir. Elly Roza, MS dan Tim Pengabdian Masyrakat Faterna Unand 2021. (ANTARA/ist)

Padang (ANTARA) - Selain ternak sapi perah, kerbau perah menjadi salah satu usaha di bidang peternakan yang memiliki peran strategis dalam memenuhi kebutuhan pangan yang terus meningkat, peningkatan pendapatan penduduk, dan peningkatan perekonomian Nasional.

Pemeliharaan ternak kerbau di Sumatera Barat sudah menjadi kebiasaan bagi masyarakat, terutama bagi peternak yang memiliki sawah, dimana ternak kerbau dimanfaatkan tenaga nya untuk membantu pembajakan sawah.

Sebagai contoh Di Nagari Kapau Kab. Agam, petani atau peternak lebih memilih memelihara jenis kerbau lumpur yang merupakan kerbau tipe pedaging dibanding kerbau Murrah yang bertipe perah.

Hal ini dikarenakan peternak masih belum banyak mengetahui dan memahami informasi serta sistem pemeliharaan ternak kerbau tersebut. Meskipun pada dasarnya kerbau Murrah merupakan jenis kerbau tropis penghasil susu yang sudah tidak perlu diragukan lagi akan produksi susunya, berkisar 2.250 – 3.150 kg/laktasi dengan sistem pemeliharan yang baik dan benar.

Atas dasar inilah Tim pengabdian Masyarakat Fakultas Peternakan, Universitas Andalas yang diketuai oleh Dr. Ir. Elly Roza, MS (Produksi Ternak Perah), beranggotakan Prof. Dr. Ir. Salam N. Aritonang (Produksi Ternak Potong), Dr. drh. Yulia Yellita, MP (Kesehatan Ternak), Prof. drh. Endang Purwati, MS., Ph.D (Teknologi Hasil Ternak) Dr. Ir. Elihasridas, M.Si (Nutrisi dan Teknologi Pakan), Ade Rakhmadi, S.Pt, MP (Teknologi Hasil Ternak), dan Muhammad Azardi (Mahasiswa Fakultas Peternakan) melakukan penyuluhan beserta sosialisasi program pengabdian kepada kelompok Tani Ternak Sapi Kelok Rambai.

Kegiatan sosialisasi ini merupakan merupakan kelanjutan dari program yang telah terlaksana pada tahun 2020 lalu.

Kegiatan penyuluhan ini telah dilaksanakan pada hari Kamis, 16 September 2021 dan dihadiri Bapak M. Abril (Kabid Peternakan, Kab. Agam), Ibu Suzana (Kepala UPT Keswan Magek) Bapak Zulkarnaini (Wali Nagari Kapau), Bapak Setiawan (Penyuluh Peternakan) dan Bapak Joniprizal (Sekretaris Kelompok Tani Ternak Sapi Kelok Rambai).

Dari hasil penyuluhan beserta diskusi tersebut ada beberapa program yang akan dilaksanakan yaitu: Penyediaan Air Bersih, Pembuatan Kandang Perah, Penyuluhan Higient pada pemeliharaan ternak perah, pengolahan hasil peternakan (pembuatan dadiah dan produk olahan susu lainnya) serta Pembuatan pupuk padat.

Harapannya program ini ke depan dapat meningkatkan pengetahuan, peningkatan produksi susu, terjaganya higient saat pemerahan, perkandangan dan produk yang dihasilkan (ASUH) dan meningkatkan pendapatan anggota kelompok (peternak).

Selain itu harapan lainnya menjadikan Nagari Kapau sebagai salah satu sentra peternakan kerbau Murrah dan penghasil Dadiah di Sumatera Barat.

Pengabdian masyarakat ini didukung oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Andalas dengan Skim Program Kemitraan Masyarakat Membantu Usaha Berkembang tahun I (2021).

*Penulis,

Dr. Ir. Elly Roza, MS dan Tim Pengabdian Masyrakat Faterna Unand 2021
Pewarta :
Editor: Miko Elfisha
COPYRIGHT © ANTARA 2021