Bupati Solok Selatan: peran swasta penting dalam membangun daerah

id khairunas,Kencana Sawit Indonesia

Bupati Solok Selatan: peran swasta penting dalam membangun daerah

Bupati Solok Selatan, Sumatera Barat, Khairunas (kiri) saat mengunjungi PT Kencana Sawit Indonesia . (ANTARA/HO-Humas Solok Selatan)

Padang Aro (ANTARA) - Bupati Solok Selatan, Sumatera Barat, Khairunas, mengatakan pembangunan daerah tidak dapat dilakukan oleh pemerintah semata, tetapi juga membutuhkan dukungan dari swasta dan masyarakat.

"Kehadiran pihak swasta dalam hal ini perusahaan sangat dibutuhkan oleh pemerintah dalam upaya sinergitas dalam melakukan pembangunan di tengah-tengah masyarakat," ujarnya melalui keterangan tertulis yang diterima di Padang Aro.

Hal tersebut ia diungkapkan usai melalukan mengunjungi PT. Kencana Sawit Indonesia (KSI), Wilmar Group, di Sangir Balai Janggo, Jum'at (24/9/21).

Dalam kunjungan yang juga diikuti Wakil Bupati Yulian Efi, Sekdakab Syamsurizaldi, serta sejumlah kepala OPD tersebut, dilakukan dalam rangka silaturahmi serta peninjauan pelaksanaan vaksinasi massal oleh PT. KSI.

Turut hadir Ketua Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit (Gapki) Cabang Sumatera Barat (Sumbar) yang juga Senior HRR Manager Wilmar Group Sumbar, Bambang Wiguritno, Pimpinan PT Kencana Sawit Indonesia (KSI) Jeprol, Site Manager Sosialisman, serta unsur pimpinan lainnya.

Bupati menambahkan bahwa di tengah-tengah situasi pandemi ini, dimana alokasi anggaran ke daerah juga semakin terbatas, maka daerah dituntut untuk melakukan inovasi-inovasi di dalam upaya mensejahterakan masyarakatnya.

Salah satu upaya tersebut menurutnya adalah dengan melakukan optimalisasi pendapatan daerah serta sinergitas pemanfaatan dana CSR atau yang sekarang dikenal dengan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan Perusahaan (TJSLP).

Dalam pertemuan yang berlangsung akrab tersebut, Bupati juga menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya atas kerja sama PT. KSI dalam mendukung pemerintah daerah.

"Apresiasi kita berikan kepada PT.KSI yang telah berpartisipasi aktif dalam setiap upaya pembangunan di daerah kita. Mudah-mudahan ini bisa ditingkatkan di masa yang akan datang," katanya.

Sementara itu, HRR Manager Wilmar Group Sumbar Bambang Wiguritno, mengatakan bahwa pihaknya senantiasa patuh dan taat dalam memenuhi segala kewajiban yang mesti ditunaikan perusahaan.

Ia juga menyampaikan komitmennya untuk mendukung program-program pemerintah daerah, yang nantinya akan disinkronkan dengan program TJSLP yang dimiliki perusahaan.