Sumbar bawa sembilan pendekar pencak silat ke PON Papua 2021, ini target mereka

id berita padang,berita sumbar,silat,pon papua

Sumbar bawa sembilan pendekar pencak silat ke PON Papua 2021, ini target mereka

Pelatih dan atlet pencak silat Sumbar menjalani latihan intensif jelang PON Papua. (Antarasumbar/Dokumen Pribadi)

Kita terus berbenah untuk meraih hasil maksimal di ajang PON nanti,
Padang (ANTARA) - Cabang olahraga (Cabor) pencak silat Sumatera Barat (Sumbar) membawa sembilan atlet yang akan berlaga diajang Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua XX 2021.

Pelatih pencak silat Sumatera Barat, Irmai Hendry di Padang, Kamis, mengatakan para atlet ini akan berlaga di delapan nomor di klaster Kabupaten Jayapura.

"Kita terus berbenah untuk meraih hasil maksimal di ajang PON nanti," kata dia.

Ia mengatakan kesembilan atlet yang lolos PON Papua adalah Suci Wulandari, Beni Ario Putra, Anton Yuspermana, M. Tri Bintang Syanu,Rahmat Natsir.

Kemudian Ridhan Aprilandha,Yolla Cynthiana, Ochi Ramadhani dan Winda Novi Yalni

Menurut dia saat ini pencak silat menjalankan TC penuh sejak Agustus hingga akhir September nantinya dan setelah itu pada 2 Oktober 2021 mereka berangkat menuju Papua.

Ia mengatakan dalam pemusatan latihan menjelang keberangkatan memang banyak kendala yang dihadapi mulai dari kondisi pandemi, kemudian beban psikologis karena berlaga di Papua yang memiliki jarak yang cukup jauh dan kondisi cuaca yang berbeda.

Selain itu pihaknya juga menyayangkan tidak adanya manajer dalam kontingen cabor pencak silat ini ketika berangkat ke Papua nantinya.

"Kalau kami pelatih tentu tahunya teknis pertandingan di arena. Jika ada kontingen yang sakit atau kecelakaan siapa yang akan membawa, tidak mungkin pelatih yang diharapkan," kata dia.

Ia menyayangkan hal ini namun segala kendala coba dihadapi dan tidak mengecilkan semangat anak-anak berlatih dan bertanding nantinya.

"Kita minta anak-anak giat berlatih agar mencapai hasil maksimal nantinya," kata dia.

target

Pencak silat Sumatera Barat menargetkan meraih dua medali emas di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua XX 2021.

Irmai mengatakan target itu diberikan KONI Sumbar setelah melakukan pemetaan bersama dan memang ada target dua emas di Papua nanti.

"Dalam kontingen ini kita diberi target dua emas dan kita siap wujudkan hal itu bahkan kalau bisa lebih dari itu," kata dia.

Ia mengatakan dalam kontingen ini ada seorang atlet yang berhasil meraih emas di PON Jawa Barat lalu yakni Anton Yuspermana di kelas H dengan berat badan 80-85 kilogram.

"Di PON Papua ini dirinya turun di kelas yang sama dan kita berharap mampu meraih emas," kata dia.

Selain itu, sejumlah nama yang dibawa ke Papua juga memiliki potensi emas di kelas yang mereka ikut di kluster Jayapura nanti.

Ia mengaku provinsi lain juga mempersiapkan diri dengan baik untuk meraih hasil maksimal. Ada beberapa lawan yang cukup berat mulai dari Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Timur, DKI Jakarta hingga Bali.

"Kita terus bekerja keras dalam mempersiapkan atlet agar tampil lebih baik di kompetisi nantinya," kata dia.