Alasan Komisi III DPRD Agam dukung inisiatif masyarakat majukan pariwisata di Padang Tarok

id berita agam,berita sumbar,wisata

Alasan Komisi III DPRD Agam dukung inisiatif masyarakat majukan pariwisata di Padang Tarok

Ketua Komisi III DPRD Agam, Aderia, anggota dan lainnya di lokasi jalan yang dibuka, Rabu (22/9). (Antarasumbar/Dok Humas DPRD Agam)

Pokdarwis Sabai Nan Aluih beserta masyarakat setempat dalam memajukan dunia pariwisata di Nagari Padang Tarok patut diapresiasi,
Lubuk Basung (ANTARA) - Komisi III Bidang Pembangunan dan Lingkungan DPRD Kabupaten Agam, Sumatera Barat mendukung inisiatif masyarakat dalam memajukan sektor pariwisata di daerah itu, khususnya di Nagari Padang Tarok, Kecamatan Baso, sehingga ekonomi masyarakat semakin baik.

"Pokdarwis Sabai Nan Aluih beserta masyarakat setempat dalam memajukan dunia pariwisata di Nagari Padang Tarok patut diapresiasi," kata Ketua Komisi III DPRD Agam, Aderia di Lubuk Basung, Rabu usai mengunjungan objek wisata itu dengan anggota Komisi III DPRD Agam lainnya.

Ia mengatakan, Pokdarwis Sabai Nan Aluih beserta masyarakat dan pemerintah setempat telah berswadaya membuka jalan wisata.

Ini perlu mendapatkan dukungan, baik dari DPRD maupun organisasi perangkat daerah terkait.

"Upaya Pokdarwis Sabai Nan Aluih dalam menarik partisipasi masyarakat dan perantau sangat luar bisa. Komisi III akan memberi dukungan anggaran pembangunan untuk mengembangan wisata Pokdarwis Sabai Nan Aluih di Nagari Padang Tarok," katanya.

Ia mengatakan, antusias masyarakat yang telah terbangun diharapkan dapat menjadi motivasi sejumlah unsur menjadikan kawasan tersebut sebagai desa wisata.

Ia minta Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga untuk memberi dukungan dan memotivasi Desa Wisata Sabai Nan Aluih.

"Ini perlu duduk bersama antara DPRD dan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga untuk menjemput bola ke Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif," katanya.

Sementara anggota Komisi III DPRD Agam, Doddi menambahkan dana swadaya dari masyarakat sudah mencapai Rp200 juta.

"Kedepan perlu dorongan dari DPRD Agam dan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga. Saya berharap terjalin koordinasi yang solid dengan OPD terkait," katanya yang juga putra asli Padang Tarok, Kecamatan Baso.

Sekretaris Kecamatan Baso, Mohammad Noviardi Ismail mengatakan pihak kecamatan juga turut dalam penjajakan dan mendorong pariwisata berkembang dalam kesejahteraan masyarakat.

Pihaknya berharap, DPRD Agam dapat mendorong pengembangan wisata melalui dana pokok pikiran dan dana alokasi khusus.

"Semoga apa yang telah direncanakan cepat tercapai," katanya.

Kunjungan itu juga dihadiri Kabag Humas DPRD Agam, Hasneril, pendamping Komisi III dari Sekretariat DPRD, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Agam Satria dan lainnya.***2***