Mengapa Bawaslu Agam gandeng PWI untuk awasi pelaksanaan Pemilu, ini jawabannnya

id berita agam,berita sumbar,panwaslu

Mengapa Bawaslu Agam gandeng PWI untuk awasi pelaksanaan Pemilu, ini jawabannnya

Ketua Bawaslu Agam, Elvys dan Ketua PWI Agam, Mursyidi sedang menandatangani kerjasama, Rabu (22/9). (Antarasumbar/Yusrizal)

PWI Agam kami pilih karena lembaga itu mitra strategis dalam penyaluran informasi kepada masyarakat dan kontrol sosial,
Lubuk Basung (ANTARA) - Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Agam, Sumatera Barat menjalin kerjasama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) setempat dalam mengawasi pelaksanaan Pemilu dan pemilihan kepala daerah, sehingga pesta demokrasi itu menjadi lebih demokratis.

Kerjasama itu ditandai dengan penandatanganan Memorandum Of Understanding (MoU) antara Ketua Bawaslu Agam, Elvys dengan Ketua PWI Agam, Mursyidi di Lubuk Basung, Rabu.

"PWI Agam kami pilih karena lembaga itu mitra strategis dalam penyaluran informasi kepada masyarakat dan kontrol sosial," kata Elvys.

Hal lain, tambahnya PWI mampu dan memiliki sumber daya manusia yang cukup untuk melakukan pendidikan politik melalui pemberitaan yang bisa meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pemilu dan pemilihan kepala daerah.

Juga bagaimana masyarakat menjadi cerdas dalam Pemilu dan pemilihan kepala daerah.

"Ini tujuan kita melakukan kerjasama dengan PWI Agam," katanya.

Ia mengakui, ada empat ruang lingkup kerjasama dengan PWI Agam yakni, peningkatan kapasitas sumber daya manusia, pengembangan, pengawasan partisipatif.

Selain itu, keterbukaan informasi, pemberitaan dan publikasi.

"Kerjasama ini bermanfaat bagi kami dan Bawaslu bakal dilibatkan PWI dalam sosialisasi ke pemilih pemula, karena PWI Agam memiliki program safari jurnalistik bagi pelajar," katanya.

Sebelumnya, Bawaslu Agam juga menggelar kerjasama dengan IAIN Bukittinggi, Kemenag Agam, Polres Agam dan lainnya.

Sementara Mursyidi menyanbut baik kerjasama dengan Bawaslu Agam dan ini merupakan kerjasama pertama di lembaga atau organisasi perangkat daerah.

"Kita siap menjalankan kerjasama itu sehingga target akan tercapai nantinya," katanya.

Ia mengatakan, PWI Agam memiliki program safari jurnalistik dalam menyambut Hari Pers Nasional pada 2022.

Safari jurnalistik itu dengan mengadakan pelatihan bagi pelajar di 14 MTs, SMP, SMA, SMK dan MA.

"Pelatihan itu bakal kita gelar dalam waktu dekat dan kita akan melibatkan Bawaslu dalam memberikan sosialisasi tentang Pemilu," katanya. ***2***