Peserta tes PPPK di Payakumbuh banyak yang tak lulus ambang batas di kompetensi teknis

id tes pppk,pemkot payakumbuh,penerimaan pppk

Peserta tes PPPK di Payakumbuh banyak yang tak lulus ambang batas di kompetensi teknis

Sekretaris Daerah Kota Payakumbuh Rida Ananda. (ANTARA/Akmal Saputra)

​​​​​​​Payakumbuh (ANTARA) - Dari 146 peserta tes Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di Kota Payakumbuh, Sumatera Barat hanya delapan peserta yang dinyatakan lulus pada ujian yang telah digelar pada Senin (13/9) sampai Sabtu (18/9).

Sekretaris Daerah Kota Payakumbuh Rida Ananda di Payakumbuh, Rabu mengatakan bahwa seluruh peserta tes PPPK yang tidak lulus karena tidak mencapai ambang batas (passing grade) di materi kompetensi teknis.

"Kalau untuk di materi manajerial-sosialkultural dan wawancara semuanya lulus atau melewati ambang batas," ujar Rida didampingi Kepala BKPSDM Ifon Satria Chan.

Menurutnya peserta yang tidak lulus ambang batas kompetensi teknis tersebut masih memiliki peluang untuk dinyatakan lulus karena masih ada afirmasi nilai tambahan yang saat ini masih menunggu dari pemerintah pusat.

"Kalau untuk afirmasi ini seluruhnya dari pusat dan kita hingga saat ini masih menunggu. Kalau sudah keluar baru jelas yang lulus sama yang tidak," ungkapnya.

Ia mengatakan terdapat beberapa ketentuan pemberian afirmasi nilai tambahan kepada peserta seleksi guru PPPK, seperti sertifikat pendidik, peserta di atas 35 tahun, dan lainnya.

"Ini nilainya berbeda-beda, tapi yang jelas kita saat ini masih menunggu dari pusat. Semoga banyak nantinya peserta kita yang dinyatakan lulus," ujarnya.

Ia menyebutkan bahwa total formasi P3K di Kota Payakumbuh berjumlah 70 formasi dengan total pelamar sebanyak 146 peserta.

Untuk ikut ujian, seluruh peserta P3K diwajibkan untuk mengikuti tes rapid antigen yang difasilitasi oleh Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Kesehatan.

"Mereka semuanya sudah ujian termasuk dua peserta yang sempat reaktif. Bagi peserta yang reaktif ini jadwal ujiannya itu dipisahkan dari yang lainnya dan sekarang sudah selesai," katanya.

Meski begitu, sambungnya peserta yang nantinya tidak lulus pada tahap pertama masih dapat mengikuti tahap kedua yang akan dilaksanakan beberapa waktu ke depan.

"Kalau dari pengumumannya memang terdapat tiga tahap ujian PPPK, jadi kalau memang belum ada rezeki di tahap pertama bisa ikuti di tahap kedua yang juga dilaksanakan tahun ini," ungkapnya.