Permintaan ini disampaikan Wali Kota Payakumbuh, saat perayaan hari jadi PAM Tirta Sago

id berita payakumbuh,berita sumbar,air

Permintaan ini disampaikan Wali Kota Payakumbuh, saat perayaan hari jadi PAM Tirta Sago

Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi saat menandatangani prasasti penetapan hari jadi PAM Tirta Sago Payakumbuh. (Antarasumbar/Akmal Saputra)

Saya mendengar dalam mars Pam Tirta Sago tadi, ada kata bersih airnya, lancar mengalirnya,
Payakumbuh (ANTARA) - Wali Kota Payakumbuh, Sumatera Barat, Riza Falepi meminta jajaran direksi Perumda Air Minum (PAM) Tirta Sago dapat menyelesaikan keluhan dari pelanggan terkait masih kecilnya tekanan air di beberapa lokasi.

"Saya mendengar dalam mars Pam Tirta Sago tadi, ada kata bersih airnya, lancar mengalirnya. Ini kita harapkan sesuai dengan apa yang bisa kita berikan kepada masyarakat. Direksi harus menyelesaikan keluhan-keluhan yang ada secepatnya," ujarnya saat penetapan dan perayaan hari jadi PAM Tirta Sago Payakumbuh di Payakumbuh, Senin.

Pada kesempatan itu juga diperkenalkan lagu mars dan himne PAM Tirta Sago, kemudian pemberian hadiah bagi pelanggan yang membayar tepat waktu serta sosialisasi penghargaan TOP BUMD yang baru diraih beberapa waktu lalu.

Hadir dalam kesempatan Wakapolres Limapuluh Kota, Kompol Russirwan, Wakil Ketua DPRD Wulan Denura, Sekretaris Daerah Rida Ananda, unsur Forkopimda, pimpinan BUMD, BUMN, serta beberapa pejabat Pemkot Payakumbuh dan jajaran PAM Tirta Sago.

Riza mengatakan PAM Tirta Sago harus melakukan perubahan besar dalam melayani masyarakat atau pelanggan dan tidak hanya fokus dengan kegiatan rutin saja.

"Manajemen sudah kita efektifkan, kita didukung DPRD Payakumbuh dengan telah disahkannya Perda Perumda Air Minum Tirta Sago. Saat ini direktur utamanya adalah seorang akademisi dan leadershipnya baik, sementara direktur umumnya telah berpengalaman di bidang perbankan, tentu kita harapkan PAM Tirta Sago bisa bekerja dengan maksimal serta tertib administrasi dan keuangan lancar," jelasnya.

Selanjutnya, Riza mengucapkan rasa terima kasih atas kesetiaan pelanggan PAM Tirta Sago meskipun masih terdapat kekurangan dalam pelayanan selama ini.

"Dalam usia yang ke-40, PAM Tirta Sago telah banyak memberikan kontribusi untuk kemajuan daerah. Begitu pula dalam pelayanan terhadap masyarakat akan kebutuhan sumber air. Dimana saat ini telah tercatat sebanyak lebih kurang 32 ribu sambungan rumah," katanya.

Direktur Utama PAM Tirta Sago Khairul Ikhwan mengatakan penetapan hari jadi ini harus dijadikan momentum kebersamaan oleh semua pihak, baik pegawai maupun pimpinan dalam mencapai kesuksesan.

"Setiap elemen memberikan kontribusi dalam kemajuan PAM Tirta Sago, tidak hanya kualitas air saja yang kita pastikan baik tetapi juga kualitas pelayanan. Apalagi kemampuan mendeteksi kebocoran dan mengatasi tekanan air lemah, sekarang telah dimaksimalkan secara berkala dan sudah mulai nampak hasilnya," katanya.

Pria yang pernah menjadi anggota DPRD Kota Padang itu mengatakan bahwa pada penetapan hari jadi itu pihaknya juga telah menyediakan hadiah kepada pelanggan PAM Tirta Sago yang tertib membayar tagihan.

Ia mengatakan hadiah yang disiapkan adalah berupa satu unit sepeda motor, kulkas, televisi, mesin cuci, dan berbagai hadiah lainnya.

"Pemberian reward atau hadiah kepada pelanggan ini merupakan kali kedua dilakukan, ini sebagai rasa pemancing dan bagaimana kita mengapresiasi pelanggan PAM Tirta Sago yang rajin membayar kewajibannya diawal waktu dan tidak menunggak," katanya.

Pelanggan yang masuk dalam kategori calon penerima hadiah adalah pelanggan yang setidaknya selama enam bulan berturut-turut membayar tagihannya sebelum tanggal 5 setiap bulan.

"Alhamdulillah pada tahun ini pelanggan yang masuk ke dalam kategori tertib administrasi itu ada sebanyak 368 pelanggan, sementara tahun dulu hanya 120-an saja. Berarti ini meningkat dari sebelumnya," ujarnya.