Legislator ajak Paguyuban Sunda berperan dalam pembangunan Sumbar

id DPRD Sumbar,Sunda

Legislator ajak Paguyuban Sunda berperan dalam pembangunan Sumbar

Wakil Ketua DPRD Sumbar Irsyad Safar menerima Paguyuban Warga Sunda (PWS) (ANTARA/ HO DPRD Sumbar)

Padang, (ANTARA) - Wakil Ketua DPRD Sumatera Barat Irsyad Safar mengajak Paguyuban Sunda yang berdomisili di daerah itu berperan aktif dalam pembangunan yang tengah dilakukan pemerintah daerah.

"Kami mengapresiasi atas kontribusi masyarakat perantau suku Sunda dalam pembangunan daerah. Meskipun sebagai perantau, namun sudah menjadi bagian dari masyarakat Sumatera Barat, sama seperti suku-suku lainnya yang berdomisili di Ranah Minang," kata dia saat audiensi dengan Paguyuban Sunda di Padang, Jumat.

Ia mengatakan perantau suku Sunda, sama dengan perantau lainnya yang datang dan berdomisili di Sumatera Barat merupakan bagian dari masyarakat.

"Kami mengapresiasi atas kontribusi yang telah diberikan dalam pembangunan daerah dan berharap PWS sebagai perkumpulan masyarakat suku Sunda dapat semakin berperan dalam berbagai bidang," kata dia.

Sementara itu Wakil Ketua PW Sumbar Aminuddin Supriyadi mengatakan saat ini ada ribuan keluarga yang berasal dari suku Sunda (Jawa Barat dan Banten) yang berdomisili di Sumatera Barat.

"Mereka menggeluti beragam profesi baik di sektor swasta maupun sebagai akademisi dan pegawai pemerintah, di sektor swasta ada yang menjadi pelaku UMKM, pedagang, pengrajin, petani dan sebagainya," katanya

Dirinya berharap PWS mendapatkan dukungan dari pemprov Sumatera Barat untuk menjalankan program kerja dan pemberdayaan masyarakat.

"Kami juga ingin memberikan kontribusi lebih besar lagi kepada Sumatera Barat. Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung," kata dia.

Sesepuh warga suku Sunda, Otong Rosadi mengatakan PWS telah memiliki badan hukum dan terdaftar di Kesbangpol Linmas Provinsi Sumbar. Dalam waktu dekat, akan melakukan pelantikan kepengurusan baru.

Aminuddin juga menyampaikan rencana akan memberikan gelar kehormatan kepada Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi, seperti dulu juga diberikan kepada Gamawan Fauzi dan Irwan Prayitno sebagai gubernur. PWS juga mengajak anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat menjadi warga kehormatan.

Paguyuban Warga Sunda (PWS), yang merupakan persatuan masyarakat perantau suku Sunda yang berdomisili di Sumatera Barat berkunjung ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Jumat (17/9)