DPRD Sumbar ajak Pemkot Solok selaraskan program pembangunan dengan RPJMD Sumbar 2021-2026

id DPRD Sumbar,Solok,Padang

DPRD Sumbar ajak Pemkot Solok selaraskan program pembangunan dengan RPJMD Sumbar 2021-2026

Ketua DPRD Sumatera Barat beserta anggota DPRD Sumbar dari Dapil VII menggelar pertemuan dengan Wali Kota Solok di Padang, Jumat. (ANTARA/ HO DPRD Sumbar)

Padang, (ANTARA) - Ketua DPRD Sumatera Barat Supardi mengajak Pemerintah Kota Solok untuk menyelaraskan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Milik Daerah (RPJMD) Sumbar 2021-2026 yang baru saja disepakati menjadi sebuah peraturan daerah.

"Kita mendorong Pemko Solok melakukan sinkronisasi RPJMD Provinsi Sumatera Barat karena sudah ditetapkan menjadi Perda, maka perlu dijalankan secara optimal," kata dia saat rapat dengan Pemkot Solok di Padang, Jumat.

“Kita mendorong Kabupaten dan Kota di Sumbar menyelaraskan RPMJD, karena ini produk kita bersama dan harus kita jalankan sampai tuntas, bukan hanya milik gubernur dan wakil gubernur. Keberhasilan RPJMD ini tidak terlepas dari kebijakan bupati dan wali kota," kata dia.

Ia mengatakan diantara program unggulan gubernur dan wakil gubernur yakni melakukan peningkatan sektor pertanian, wisata unggulan di kabupaten dan kota di daerah itu.

“Kita dorong memperhatikan pembangunan dengan kearifan lokal dan perlu juga dukungan kabupaten dan kota menciptakan Entrepreneur di Sumbar,” ujar Supardi.

Sementara itu Wali Kota Solok Zul Efian mengatakan pihaknya memiliki keterbatasan anggaran, maka sebab itu mengadukan kendala dimiliki pemko Solok di DPRD Sumbar.

“Terima kasih kepada ketua DPRD Sumbar Supardi dan anggota DPRD Sumbar dapil VII Sumbar telah mengalokasikan anggaran di Kota Solok, khusus untuk Batang Lembang,” ujar Zul Efian.

Menurut dia masyarakat sangat mengharapkan pembangunan kegiatan di Batang Lembang sepanjang 10 kilometer dan pihaknya mengharapkan dukungan APBD Provinsi dan APBN.

Setelah itu adanya kelanjutan pembangunan Stadion yang membutuhkan biaya sebesar Rp159 miliar lebih, pembangunan penangkaran belibis di Pulau belibis Kota Solok, optimalisasi jakan simpang surya- Simpang Pulau total Panjang 2,9 KM, fasilitas pelestarian Budaya dan pembangunan Bengkel Seni.

"Kita berharap sinergi ini dapat berjalan dengan baik dan mendorong pembangunan di Kota Solok," kata dia.

Pertemuan DPRD Sumbar yang dihadiri Ketua DPRD Sumatera Barat Supardi bersama anggota DPRD Sumbar asal dapil VII Kota Solok, Kabupaten Solok dan Kabupaten Solok Selatan yang dihadiri Mario Syahjohan, Iryal Ilyas, datuk Manjunjuang Alam, Hardinal , Nurfirmansyah. (*).