Pariaman dapat penghargaan dari Kemenkeu RI karena raih WTP enam kali berturut-turut

id opini wtp,genius umar,pariaman

Pariaman dapat penghargaan dari Kemenkeu RI karena raih WTP enam kali berturut-turut

Wali Kota Pariaman, Sumbar Genius Umar. (ANTARA/Aadiaat M. S.)

​​​​​​​Pariaman (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat mendapat penghargaan dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI karena mampu meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam laporan keuangan sebanyak enam kali berturut-turut.

"Alhamdulillah, Pemkot Pariaman telah meraih Opini WTP untuk kedelapan kalinya dan enam kali secara berturut-turut," kata Wali Kota Pariaman Genius Umar di Pariaman, Rabu.

Penghargaan dari Kemenkeu RI tersebut disampaikan pada Rapat Koordinasi Nasional Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2021 secara virtual yang dibuka langsung oleh Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani Indrawati pada Selasa (14/9).

Genius mengatakan WTP yang diraih daerah itu tidak terlepas dari bimbingan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Sumbar serta kerja keras pemangku kepentingan di daerah itu.

Meskipun telah mendapatkan WTP sebanyak delapan kali, kata dia namun pihaknya berkomitmen terus berbenah dalam menyajikan laporan keuangan secara akuntabel dan transparan.

"Mohon dukungan dari warga Kota Pariaman dan pemangku kepentingan untuk bersama-sama membangun Kota Pariaman ke arah yang lebih baik lagi," katanya.

Perhargaan dari Kemenkeu terkait Opini WTP tersebut diberikan kepada daerah yang mendapatkan WTP minimal lima kali berturut-turut dari BPK.

Sedangkan Kota Pariaman diketahui sudah enam kali berturut-turut meraih Opini WTP dalam laporan keuangan dari BPK RI semenjak 2015.

Genius mengatakan saat ini Kota Pariaman sedang berupaya meningkatkan pertumbuhan perekonomian yang sempat terpuruk karena pandemi dan sekarang telah berada di positif tiga.

"Terkait penanganan COVID-19 dan vaksinasi, kami telah bertindak cepat dengan mengalokasikan anggaran untuk kedua hal tersebut," tambahnya.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2021