Wali Kota Bukittinggi perintahkan pembangunan los baru bagi korban kebakaran

id berita bukittinggi, berita sumbar

Wali Kota Bukittinggi perintahkan pembangunan los baru bagi korban kebakaran

Wali Kota Erman Safar saat meninjau lokasi kebakaran (Antara/HO-Pemkot Bukittinggi)

Bukittinggi (ANTARA) - Wali Kota Bukittinggi Erman Safar meninjau langsung lokasi kebakaran di Pasar Bawah dan berjanji akan membangun kembali kios yang terbakar setelah proses identifikasi oleh Tim Inafis Polda Sumbar selesai dilakukan.

"Kita berikan waktu kepada Tim Inafis Polda Sumbar menangani kasus ini, setelahnya akan dibangun kembali dan diperbaiki ratusan kios yang menjadi korban kebakaran," kata Erman Safar di Bukittinggi, Sabtu.

Wali Kota menyampaikan rasa duka dengan musibah yang terjadi dan segera balik ke Kota Bukittinggi karena pada saat kejadian sedang berada di luar kota.

"Saya berduka atas musibah yang bertubi-tubi ini setelah masyarakat juga terpengaruh perekonomiannya karena wabah COVID-19," kata Wali Kota.

Ia mengatakan pihak pedagang telah bersepakat untuk menunggu sementara waktu proses pembangunan selesai hingga beberapa pekan.

Baca juga: Kebakaran Pasar Bawah Bukittinggi, 300 petak kios hangus dan kerugian capai Rp2 miliar

"Kita sepakati dengan perwakilan pedagang, tidak ada penampungan sementara, pedagang bersedia menunggu selesainya pembangunan los baru yang diperkirakan memakan waktu hingga tiga pekan," kata dia.

Menurutnya, pihak pedagang bersama jajaran pemerintahan juga akan bekerjasama membersihkan area pasar yang terbakar.

Di lain pihak, salah seorang pedagang yang menjadi korban kebakaran Pasar Bawah, Yanti mengatakan akan bersabar menunggu proses pembangunan kembali selesai dikerjakan.

"Alhamdulillah, sesuai dengan kesepakatan bersama Pemkot tadi, kedai kami akan direnovasi dan lokasinya tetap di tempat semula berdiri," kata Yanti.

Ia berharap agar proses tersebut tidak ada halangan dan cepat dilaksanakan agar bisa kembali berdagang seperti sebelumnya.

"Semoga dibangun dengan cepat, agar kami bisa berjualan untuk biaya hidup lagi, berharap kebijakan pemerintah secepatnya, kami yang sakit ini cepat dapat obatnya," kata Yanti berharap.

Kebakaran di Pasar Bawah terjadi pada Sabtu dini hari yang membakar habis sekitar 300 tempat berjualan pedagang di Los Ikan Kering dan sekitarnya.

Sebagai data awal, jumlah kios di kawasan Pasar Bawah terdapat sekitar 1.289 kios dan perkiraan kios yang terdampak kebakaran adalah sebesar 23.2 persen atau sekitar 300 kios.