Hermanto fasilitasi petani bimtek pemberantasan wereng dan tikus

id berita padang,berita sumbar,dpr

Hermanto fasilitasi petani bimtek pemberantasan wereng dan tikus

Anggota DPR RI Hermanto. (Antarasumbar/Dokumen Pribadi)

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari aspirasi petani Padang yang dalam beberapa tahun belakangan ini mengeluh gagal panen karena serangan wereng,
Padang (ANTARA) - Anggota Komisi IV DPR RI, Hermanto memfasilitasi petani di Padang mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Penanggulangan Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) wereng batang coklat dan tikus pada tanaman padi.

"Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari aspirasi petani Padang yang dalam beberapa tahun belakangan ini mengeluh gagal panen karena serangan wereng. Tahun ini ditambah lagi dengan keluhan mengganasnya tikus," kata Hermanto di Padang, Jumat.

Negara, lanjutnya ingin meningkatkan produksi pertanian khususnya padi.

"Banyak faktor yang menunjang peningkatan produksi pertanian, diantaranya kemampuan mengatasi OPT," ucap legislator dari FPKS DPR ini.

Menurutnya, untuk meningkatkan produksi pertanian termasuk didalamnya mengatasi OPT perlu intervensi sains dan teknologi.

Kegiatan bimtek kali ini merupakan sarana untuk memperkenalkan sains dan teknologi terbaru kepada petani dan penyuluh dalam mengatasi OPT wereng dan tikus diikuti 80 petani," ujar dia.

Dalam kegiatan bimtek ini hadir sebagai narasumber Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Sumatera Barat, Sjafrizal, pakar wereng dari Universitas Andalas Dr Syahrawati dan pakar tikus dari Universitas Andalas Dr Hasmiandy Hamid.

"Kepada para narasumber diminta agar menyampaikan ilmu yang praktis yang mudah dicerna dan bisa diterapkan oleh petani," tutur Hermanto.

"Kepada para peserta diminta serius mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir agar ilmu yang diperoleh hari ini bisa diterapkan besok di lahan sawah masing-masing," pungkas legislator dari Dapil Sumbar I ini.