Wako Payakumbuh kukuhkan pengurus KAN dan Bundo Kanduang tiga nagari di Kecamatan Latina

id berita payakumbuh,berita sumbar,lantik

Wako Payakumbuh kukuhkan pengurus KAN dan Bundo Kanduang tiga nagari di Kecamatan Latina

Wali Kota Payakumbuh, Sumatera Barat, Riza Falepi mengukuhkan Pengurus Kerapatan Adat Nagari (KAN) dan Bundo Kanduang di tiga nagari di kecamatan Lamposi Tigo Nagori (Latina), Senin (30/8). (Antarasumbar/HO-Pemkot Payakumbuh.)

Terimakasih kepada pengurus yang lama dan juga warga di wilayah Latina atas bantuan dan partisipasi dalam pembangunan kota selama ini,
Payakumbuh (ANTARA) - Wali Kota (Wako) Payakumbuh, Sumatera Barat, Riza Falepi mengukuhkan Pengurus Kerapatan Adat Nagari (KAN) dan Bundo Kanduang di tiga nagari di kecamatan Lamposi Tigo Nagori (Latina), Senin .

“Terimakasih kepada pengurus yang lama dan juga warga di wilayah Latina atas bantuan dan partisipasi dalam pembangunan kota selama ini,” ujar Riza.

Pengurus KAN yang dilantik tersebut yakni Nagari Parambahan, Sungai Durian dan nagori Koto Panjang. Pengurus KAN dan Bundo Kanduang Nagari Sungai Durian akan bekerja untuk nagori di periode 2021-2026, serta Nagari Parambahan dan Nagori Koto Panjang periode 2020-2025.

Adapun untuk total seluruh pengurus KAN dan Bundo Kanduang di ketiga nagori yang dikukuhkan berjumlah 121 orang. Setelah dikukuhkan, walikota mengucapkan selamat kepada pengurus KAN dan Bundo Kanduang yang baru dan terima kasih kepada pengurus lama atas pengabdian selama ini.

Riza mengatakan wilayah Latina merupakan kecamatan baru di kota Payakumbuh dan setelah dilakukan pemekaran pada 2009 silam sudah dua kali pengukuhan berlangsung terhadap pengurus KAN dan Bundo Kanduang yang mengabdi untuk nagari di kecamatan Latina.

Menurutnya Latina merupakan wilayah yang sangat strategis untuk kota Payakumbuh, karena Latina merupakan wilayah baru dan masih sangat bagus dalam perencanaan untuk pengembangan dan pembangunan yang hal ini untuk kemajuan kota Payakumbuh kedepannya.

“Dengan telah dilantiknya pengurus KAN dan Bundo Kanduang yang baru ini, semoga ke depan sinergitas antara masyarakat adat dan pemerintah akan semakin erat lagi sehingga membawa perubahan yang semakin lebih baik untuk Latina dan terutama untuk kota Payakumbuh," ungkapnya.

Ketua LKAAM Provinsi Sumatera Barat yang diwakili D. Dt. Rajo Paduko Nan Bagonjong mengharapkan agar seluruh elemen masyarakat nagori di Latina untuk dapat selalu menjaga kekompakan dan kebersamaan untuk kemajuan kedepannya.

”Kiranya masyarakat adat kita dapat menjaga kekompakan antara kultur dan struktur yang ada. Dengan kerjasama yang baik antara masyarakat adat bersama pemerintah daerah tentu untuk mewujudkan Payakumbuh yang lebih maju kedepannya,” kata dia.