Playoff Liga Conference - Roma mantapkan agregat atas Trabzonspor

id liga conference,as roma,playoff liga conference,Trabzonspor

Playoff Liga Conference - Roma mantapkan agregat atas Trabzonspor

Gelandang serang AS Roma Nicolo Zaniolo (kedua kiri) diselamati rekan-rekannya seusai mencetak gol ke gawang Trabzonspor dalam pertandingan leg kedua playoff Liga Conference di Stadion Olimpico, Roma, Italia, Kamis (26/8/2021) waktu setempat. (ANTARA/AFP/Vincenzo Pinto)

Jakarta (ANTARA) - AS Roma memantapkan agregat mereka atas Trabzonspor dalam playoff Liga Conference seusai menang 3-0 atas tamunya itu dalam pertandingan leg kedua di Stadion Olimpico, Roma, Italia, Kamis waktu setempat (Jumat WIB).

Roma melangkah ke babak utama Liga Conference dengan kemenangan agregat 5-1 atas wakil Turki itu, demikian catatan laman resmi UEFA.

Bryan Cristante membuka keunggulan tim besutan Jose Mourinho pada menit ke-20 lewat tembakan jarak jauh menyelesaikan umpan sodoran Rick Karsdorp.

Baca juga: Playoff Liga Conference - Harry Kane sumbang dua gol saat Tottenham hajar Pacos de Ferreira 3-0

Keunggulan tersebut berganda saat umpan terobosan Jordan Veretout bisa dikonversi jadi gol kedua Roma yang dicetak Nicolo Zaniolo pada menit ke-65.

Enam menit jelang bubaran waktu normal, Stephan El Shaarawy melengkapi kemenangan tuan rumah jadi 3-0 lewat sepakan kaki kanannya dari tengah kotak penalti menyambut umpan dari Lorenzo Pellegrini.

Belanda punya dua wakil

Dalam pertandingan leg kedua lainnya yang berlangsung bersamaan sejumlah tim lain juga melangkahkan ke babak utama musim inagurasi kompetisi kasta ketiga UEFA tersebut, termasuk Vitesse Arnhem dan Feyenoord yang memastikan Belanda punya dua wakil di Liga Conference.

Vitesse melakukannya setelah membalikkan agregat kontra Anderlecht jadi 5-4, setelah memenangi leg kedua 2-1 di Belanda. Sedangkan Feyenoord tetap lolos dengan keunggulan agregat 6-3, kendati menelan kekalahan 1-3 dari tuan rumah Elfsborg di Swedia.

Klub Prancis Rennes menang 3-1 di kandang Rosenborg di Norwegia untuk lolos dengan agregat 5-1.

Baca juga: Liga Conference: Tottenham takluk dari Pacos dalam leg pertama

Di Swedia, tuan rumah Hammarby berhasil mengimbangi agregat 4-4 setelah menang 3-1 atas Basel. Namun dalam adu penalti harapan Hammarby kembali ke babak utama kompetisi UEFA sejak 2007/08 harus pupus karena Basel menang 4-3.

Maccabi Haifa mampu melewati klub Azerbijan, Neftci, setelah memenangi leg kedua 4-0 demi meraih keunggulan agregat 7-3.

Sayangnya, langkah Maccabi tak bisa diikuti oleh klub Israel lainnya, Hapoel Be'er Sheva yang menelan kekalahan 1-3 dalam lawatan ke markas tim Siprus, Anorthosis. Anorthosis lolos dengan kemenangan agregat 3-1 untuk kembali tampil di babak utama kompetisi UEFA setelah terakhir main di fase grup Liga Champions 2008/09.

Sementara itu FC Copenhagen menang telak 5-0 saat menjamu Sivasspor di Kopenhagen demi menegaskan agregat jadi 7-1 atas wakil Turki tersebut.

Keberhasilan membalikkan agregat juga dilakukan oleh klub Bulgaria, CSKA Sofia, yang kalah 0-2 dari Viktoria Plzen di leg pertama. Sofia unggul 2-0 dalam waktu normal leg kedua sehingga pertandingan dilanjutkan ke babak tambahan waktu, di mana Juergen Mattheij mencetak gol pada menit ke-119 untuk membawa Sofia menang 3-0 dan membalikkan agregat jadi 3-2.

Debut klub Kazakhstan dan Gibraltar

Dalam pertandingan yang dimainkan lebih awal, klub Kazakhstan Kairat dan tim Gibraltar Lincoln Red Imps mampu meraih hasil yang memastikan mereka debut di babak utama kompetisi UEFA.

Menjamu klub Luksemburg Fola Esch di Almaty, Kairat menang 3-1 untuk memantapkan kemenangan agregat mereka jadi 7-2.

Baca juga: AS Roma raih tiket Liga Conference walau cuma imbang di laga pemungkas

Sedangkan Lincoln Red Imps butuh babak tambahan setelah bermain imbang 1-1 melawan Riga dalam waktu normal leg kedua. Dua gol yang dicetak Lincoln Red Imps dalam babak tambahan waktu membuat mereka menang 3-1 dan lolos dengan agregat 4-2 atas Riga.

Beberapa klub lain yang berhasil meloloskan diri ke babak utama Liga Conference adalah Bodo/Glimt dari Norwegia, Jablonec (Republik Ceko), Maccabi Tel Aviv (Israel), Gent (Belgia), PAOK (Yunani), LASK Linz (Austria) dan Union Berlin (Jerman).

Undian pembagian grup dijadwalkan berlangsung pada Jumat petang nanti di Istanbul, Turki.