Ini alasannya, Satgas COVID-19 Pasaman Barat apresiasi sekolah El Maarif

id berita pasaman barat,berita sumbar,satgas

Ini alasannya, Satgas COVID-19 Pasaman Barat apresiasi sekolah El Maarif

Sekolah El Maarif Kecamatan Pasaman Kabupaten Pasaman Barat melaksanakan tes usap atau swab test antisipasi penyebaran COVID-19 di lingkungan sekolah itu. (Antarasumbar/Altas Maulana)

Ketika ada siswa yang mengeluh gejala hilang penciuman maka pihak sekolah langsung melakukan tes usap,
Simpang Empat (ANTARA) - Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) memberikan apresiasi kepada pihak SD SMP El Maarif Kecamatan Pasaman yang cepat tanggap melaksanakan tes usap atau swab test COVID-19 terhadap semua siswa dan guru.

"Ketika ada siswa yang mengeluh gejala hilang penciuman maka pihak sekolah langsung melakukan tes usap," kata Juru Bicara COVID-19 Pasaman Barat, Gina Alecia di Simpang Empat, Rabu.

Ia mengatakan tes usap telah dilaksanakan terhadap 152 orang. Pada Senin (23/8) telah dilakukan tes usap terhadap siswa dan guru yang memiliki keluhan.

Kemudian pada Selasa (24/8) keluar hasilnya dengan sembilan orang positif. Menyikapi itu pihak sekolah langsung melakukan tes usap kepada seluruh siswa dan guru asrama El Maarif sebanyak 124 orang.

"Secara keseluruhan tes usap telah dilakukan terhadap 156 orang. Tentu aksi cepat tangap ini perlu dicontoh dalam rangka memutus penyebaran COVID-19 di lingkungan sekolah itu," katanya.

Menurutnya pada Selasa (24/8) sebanyak 38 orang terkonfirmasi positif, tiga orang meninggal dunia dan 38 orang sembuh. Total kasus hingga saat ini mencapai 2.300, sembuh 1.709, meninggal dunia 142 orang dan masih di karantina atau dirawat 449 orang.

"Terhadap pasien yang positif saat ini ada yang diisolasi di Balai Diklat BKSDM Talu, RSUD Pasaman Barat, RS Yarsi dan isolasi mandiri," katanya.

Pihaknya saat ini terus melaksanakan langkah cepat proses pelacakan atau traking untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Pasaman Barat.

Ia mengajak semua masyarakat agar meningkatkan protokol kesehatan dengan memakai masker yang benar, mencuci tangan, menjaga jarak, menjahui kerumunan dan membatasi mobilisasi.***3***