Ini empat desa wisata di Sumbar yang masuk 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia

id berita payakumbuh,berita sumbar,wisata

Ini empat desa wisata di Sumbar yang masuk 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia

Ketua Asosiasi Desa Kreatif Indonesia (ADKI) Sumbar, Deni Asra (Kanan) bersama dengan Ketua ADKI Pusat Fikri El Aziz  di Desa Wisata Kampuang Sarugo, Kabupaten Limapuluh Kota. (Antarasumbar/Dokumen Pribadi)

Alhamdulillah, kemaren (Senin) kami mendapatkan informasi bahwa ada empat desa wisata kita di Sumbar masuk 50 besar di ADWI 2021,
Payakumbuh (ANTARA) - Empat desa wisata di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) masuk dalam 50 besar desa wisata di Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 yang dilaksanakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

"Alhamdulillah, kemaren (Senin) kami mendapatkan informasi bahwa ada empat desa wisata kita di Sumbar masuk 50 besar di ADWI 2021," ujar Ketua Asosiasi Desa Kreatif Indonesia (ADKI) Sumbar, Deni Asra di Payakumbuh, Selasa.

Ia mengatakan bahwa sebelumnya terdapat sembilan desa wisata yang dinyatakan masuk 100 besar ADWI, namun hanya empat yang masuk 50 besar.

"Empat desa wisata yang lolos tersebut ada di Kabupaten Agam dengan Desa Wisata Sungai Batang, Kabupaten Tanah Datar dengan Desa Wisata Kampuang Minang Nagari Sumpu," katanya.

Selanjutnya di Kabupaten Limapuluh Kota dengan Desa Wisata Seribu Gonjong dan Kota Pariaman dengan Desa Wisata Apar.

ADKI sendiri memang berperan penting untuk kesuksesan ADWI dengan mendorong banyak desa wisata untuk ikut dalam anugerah yang dilaksanakan kementerian tersebut.

Ia mengatakan ADKI merupakan organisasi yang berorientasi kepada pengembangan sumber daya manusia yang ada di desa wisata.

"Kami akan memberikan pendampingan dan penguatan kepada kelembagaan yang ada di kelompok wisata tersebut sehingga dapat menciptakan desa wisata yang handal" ungkapnya.

Ia mengatakan kehadiran ADKI diharapkan bisa menghadirkan ekonomi kreatif di desa-desa wisata yang akan didampingi oleh ADKI.

"Kami dari ADKI akan berinisiatif untuk berperan penting untuk desa wisata di Sumbar, terkhusus untuk yang telah mendaftar ke ADWI dan lolos ke 100 besar maupun 50 besar," ujarnya.

Deni yang merupakan Ketua DPRD Limapuluh Kota tersebut optimis ada desa wisata di Sumatera Barat yang akan lolos ke 10 besar ADWI.

"Mudah-mudahan dengan cara itu kita dapat membawa program-program kerja kementerian untuk desa wisata kita, sehingga target kita untuk menciptakan desa kreatif dapat terwujud," kata dia.

Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2021