Langsung bebas, dua warga binaan Lapas Pariaman setelah dapat remisi kemerdekaan tahun ini

id berita pariaman,berita sumbar,bebas

Langsung bebas, dua warga binaan Lapas Pariaman setelah dapat remisi kemerdekaan tahun ini

Wali Kota Pariaman, Sumbar Genius Umar menyerahkan Surat Keputusan Remisi Babas kepada salah seorang warga binaan Lapas Klas IIB Pariaman. (Antarasumbar/Aadiaat M. S. )

Pada momen kemerdekaan ini ada 265 warga binaan yang mendapatkan remisi dan dua diantaranya langsung bebas,
Pariaman (ANTARA) - Dua warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II B Kota Pariaman, Sumatera Barat langsung bebas setelah mendapatkan remisi Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-76 RI.

"Pada momen kemerdekaan ini ada 265 warga binaan yang mendapatkan remisi dan dua diantaranya langsung bebas, sedangkan sisanya mendapat pengurangan hukuman mulai dari satu bulan hingga enam bulan penjara," kata Kalapas Klas II B Pariaman, Eddy Junaedi di Pariaman, Selasa.

Ia menyampaikan untuk dua warga binaan yang hari ini langsung bebas sebelumnya telah diberikan pelatihan las besi dan membuat hidroponik untuk bekal mereka ketika bebas atau kembali ke masyarakat.

"Kami berharap mereka dapat berkarya dan menjadi warga yang berguna bagi masyarakat," katanya.

Ia menyampaikan persyaratan warga binaan mendapatkan remisi yaitu diantaranya sudah menjalani masa tahanan enam bulan, berperilaku baik dan tidak melanggar tata tertib selama menjalani hukuman.

Saat ini jumlah warga binaan Lapas Pariaman mencapai 608 orang yang terdiri dari 463 narapidana dan 145 tahanan. 535 warga binaan sekarang berada di Lapas tersebut sedangkan 73 orang tahanan dititipkan di kantor kepolisian resor setempat.

Sementara salah seorang warga binaan Lapas Pariaman yang bebas hari ini Randa Yuliandri (35) mengatakan dirinya sudah masuk dan keluar lembaga pemasyarakatan sebanyak sembilan kali dan bertekad tidak akan berbuat kesalahan lagi yang membuatnya ditahan.

"Saya ingin membuka usaha tapi tidak ada modal, jadi rencananya merantau dulu," ujarnya.

Ia menyampaikan selama di dalam tahanan dirinya aktif mengikuti kegiatan yang dibuat oleh pihak Lapas mulai dari kegiatan keagamaan, olahraga, hingga perlombaan guna mengisi hari agar tidak bosan.

Wali Kota Pariaman, Genius Umar meminta warga binaan yang bebas dapat menerapkan pembinaan positif yang telah dijalani selama mengikuti hukuman dan dapat berbaur kembali dengan masyarakat.

"Lakukan perbuatan baik sehingga menjadi teladan bagi masyarakat," ujar dia.

Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur berharap warga binaan tersebut dapat mengevaluasi diri selama di dalam tahanan sehingga ketika bebas dapat menjadi warga yang lebih baik lagi.

"Di masa pandemi ini diharapkan mereka dapat beraktivitas dengan baik, meningkatkan imun dan ketakwaan kepada Allah SWT," tambahnya.