Pariaman harapkan peringatan HUT jadikan Indonesia tangguh kesehatan dan ekonomi

id hut kemerdekaan ri,pariaman,genius umar

Pariaman harapkan peringatan HUT jadikan Indonesia tangguh kesehatan dan ekonomi

Wali Kota Pariaman, Sumbar menyerahkan Bendera Merah Putih kepada pasukan pengibar bendera pada Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih pada Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-76 di Pariaman, Selasa. (Antara/HO-Kominfo Pariaman)

Pariaman (ANTARA) - Kota Pariaman, Sumatera Barat mengharapkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-76 RI dapat menjadikan bangsa ini semakin tangguh bidang kesehatan dan ekonomi.

"Saat ini pandemi COVID, COVID adalah masalah kita bersama dan kesehatan adalah tujuan kita bersama," kata Wali Kota Pariaman Genius Umar usai Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih pada Peringatan HUT Kemerdekaan Ke-76 RI di Pariaman, Selasa.

Ia mengatakan pihaknya saat ini sama dengan berbagai daerah lainnya yaitu selain melawan pandemi dengan meningkatkan kesehatan warga namun juga menumbuhkan perekonomian.

Ia menyebutkan pertumbuhan ekonomi Kota Pariaman hingga saat ini telah mencapai positif 2,9 dan ditargetkan hingga akhir tahun ini bisa mencapai positif 7.

Pihaknya berupaya meningkatkan capaian vaksin yang saat ini mencapai 12.367 orang dari 75.126 sasaran warga Kota Pariaman yang harus vaksin.

Sedangkan untuk menumbuhkan ekonomi Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman membuka ruang gerak warga untuk melakukan aktivitas ekonomi namun dengan menerapkan protokol kesehatan.

Untuk perayaan HUT Kemerdekaan RI di Kota Pariaman dalam dua tahun ini dilaksanakan secara sederhana baik dari pemerintah maupun warga bahkan meniadakan kegiatan masyarakat yang menimbulkan kerumunan guna menghindarkan penyebaran COVID-19.

"Kegiatan masyarakat untuk merayakan HUT kemerdekaan yang menimbulkan keramaian dilarang," katanya.

Genius mengatakan Satuan Gugus Tugas COVID-19 terus memantau kegiatan masyarakat dan jika ditemukan kegiatan peringatan HUT kemerdekaan yang menimbulkan keramaian maka akan dibubarkan.

Di hari kemerdekaan ini dirinya mengajak warga di daerah itu untuk menghargai jasa para pejuang yang telah mengorbankan harta dan nyawanya untuk merebut kemerdekaan.

"Hari ini kami juga melakukan pertemuan dengan veteran untuk meminta saran pembangunan daerah lebih baik lagi," ujarnya.

Setelah melaksanakan upacara bendera, Pemkot Pariaman mengikuti upacara pengibaran bendera dari pemerintah pusat melalui virtual, lalu dilanjutkan dengan pertemuan dengan veteran.